Unjuk Rasa Tolak Hasil Pemilu Ricuh, Petugas Simulasi Bubarkan Pendemo

  • Whatsapp
Unjuk Rasa Tolak Hasil Pemilu Ricuh, Petugas Simulasi Bubarkan Pendemo
Unjuk rasa berakhir ricuh, Pendemo bentrok dengan petugas. Tampak simulasi Sispamkota yang digelar Polres Lamandau, Selasa (22/9/2020). KARAMOI
iklan atas

NANGA BULIK/tabengan.com- Sekelompok warga yang tidak terima dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamandau terkait hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020 melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor KPU Lamandau.

Mereka memprotes hasil Pilkada dan menuduh KPU curang dalam menjalankan tugasnya. Tak ayal, bentrokan antara pengunjuk rasa dan petugas tak terhindarkan.

Bahkan dengan beringas, para pendemo mencoba menerobos barisan petugas yang menghalau. Merasa tak mampu, pendemo terus melakukan perlawanan dengan melempari petugas.

Dengan sigap, petugas menurunkan tim tambahan lengkap dwngan kendaraan water canon untuk membubarkan aksi demonstrasi tersebut. Terlebih, para pendemo telah melakukan tindakan anarkis hingga melakukan penjarahan.

Aksi demonstrasi itu bukanlah yang sebenarnya, namun hanya berupa simulasi Sistem Pengamanan dalam Kota (Sispamkota) yang dilaksanakan oleh Polres Lamandau dan jajaran TNI dalam rangka pengamanan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020.

Dengan dilaksanakannya simulasi Sispamkota tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesiapan personel TNI-Polri dalam rangka pengamanan pada saat Pilkada nanti.

“Yang tadi kita lakukan itu, merupakan gambaran yang bisa saja terjadi. Bahkan, potensi ancaman-ancamanya bisa lebih tinggi,” ungkap Kapolres Lamandau AKBP Titis Bangun HP.

Untuk itu, lanjut dia, simulasi Sispamkota yang kita lakukan hari ini sangatlah penting. Karena sekecil apapun potensi ancaman harus kita antisipasi.

“Kepada seluruh personel, tetap jalankan tugasnya sesuai ketentuan. Tegas, terukur dan profesional,” pesannya.

Diketahui, dalam simulasi Sispamkota tersebut, selain dihadiri oleh Kapolres, juga dihadiri oleh Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana, Dandim 1017/Lmd, Letkol Inf Hafes Is Jafrin, serta unsur FKPD lainnya. c-kar

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas