Dewan Ajak Masyarakat “Diet” Sampah Plastik

  • Bagikan
Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung

PALANGKA RAYA – Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung tak bosan mengajak masyarakat setempat melakukan diet sampah atau mengurangi penggunaan sampah kantong plastik, sebagai salah satu upaya menjaga lingkungan yang sehat.

Menurutnya, sampah plastik yang dibuang, membutuhkan waktu lama untuk terurai secara alami sehingga sangat berdampak buruk terhadap lingkungan.

“Banyak alternatif yang lebih ramah lingkungan selain menggunakan plastik sekali pakai. Bisa dengan tas lipat, atau keranjang belanjaan. Atau bisa juga menggunakan tumbler sebagai ganti minuman berkemasan botol plastik,” ucapnya, Senin (21/9).

Nenie menyadari pula, untuk melakukan perubahan memang memerlukan waktu. Terlebih yang berkaitan adaptasi masyarakat  dalam membiasakan diri tidak menggunakan kantong plastik satu kali pakai, atau mengganti dengan wadah lain yang aman.

Saat ini, lanjutnya, sejumlah daerah di Indonesia telah membuat kebijakan khusus terkait pembatasan penggunaan kantong plastik.

Namun Nenie menilai, kebijakan tersebut tentunya tidak sulit diterapkan apabila semua pihak memiliki niat untuk memulai.

“Daerah lain banyak yang sudah menerapkan, maka dari itu kita di Kota Palangka Raya juga bisa, meskipun secara perlahan-lahan,” pungkas Nenie.rgb

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *