Dewan Dorong BUMD Tingkatkan PAD

  • Whatsapp
Dewan Dorong BUMD Tingkatkan PAD
Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya Wahid Yusuf
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – DPRD Kota Palangka Raya mendorong peran aktif Badan Usaha Milik Negara (BUMD) dalam mendukung program pemerintah, salah satunya terkait peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Wakil Ketua I DPRD Kota setempat, Wahid Yusuf mengatakan, sebagai perusahaan yang dibentuk pemerintah, maka sudah sewajarnya apabila BUMD memberikan kontribusi yang betul-betul berdampak terhadap daerah, sesuai dengan bidang usahanya.

“BUMD ini harus hidup. Dalam artian, kontribusinya terhadap daerah harus terlihat. Karena pada dasarnya keberadaan badan usaha daerah tersebut dibentuk sebagai salah satu penunjang pembangunan,” tegasnya, kemarin.

Wahid menilai, pada umumnya BUMD mempunyai peran yang strategis dan bernilai positif, mengingat perannya sebagai salah satu sumber PAD.

Namun di sisi lain, jika berbicara mengenai kontribusi terhadap peningkatan PAD, keberadaan BUMD di Kota Palangka Raya dinilai masih perlu peningkatan.

Pasalnya, meski di satu sisi cara kerja BUMD cukup baik, namun perlu pembenahan pada bagian sistem pengelolaan, agar kedepannya badan usaha daerah tersebut mampu merealisasikan target yang diberikan.

“Kalau ditanya bagaimana BUMD di Palangka Raya, ya saya rasa sudah cukup bagus. Cuma kurang pada bagian pengelolaannya saja yang masih diperlu diperhatikan. Kita ingin BUMD ini mampu berjalan baik menggerakan usahannya,” ungkap Wahid.

Politikus Partai Golkar ini menambahkan, pihaknya beberapa waktu lalu bersama pemerintah setempat, telah membahas peraturan daerah tentang BUMD.

Dengan demikian, diharapkan produk hukum daerah tersebut bisa memperkuat peran dan keberadaan BUMD Palangka Raya. Selain sebagai upaya meningkatkan PAD, BUMD nantinya ditekankan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Lembaga DPRD bersama dengan pihak eksekutif akan terus meningkatkan strategi-strategi dalam upaya peningkatan pembangunan daerah dalam segala sektor, termasuk memaksimalkan peran BUMD ini,” pungkasnya.rgb

 

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas