Penyaluran Bansos Banjir Lewat Udara Terus Dilakukan

  • Whatsapp
Penyaluran Bansos Banjir Lewat Udara Terus Dilakukan
BANTUAN – Gubernur Kalteng Sugianto dan Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya menyerahkan sekaligus melepas secara simbolis bantuan sosial korban banjir melalui jalur udara di Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Kamis (17/9). TABENGAN/YULIANUS
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Penyaluran bantuan sosial (bansos) bagi korban banjir dibeberapa wilayah yang terdampak parah melalui udara terus dilakukan jajaran Pemprov Kalteng.

Bansos yang bersumber dari APBD Kalteng itu, berupa beras cadangan pangan pemerintah dan paket sembako. Adapun tujuan pengiriman jalur udara sendiri dilaksanakan pada tiga kabupaten terkait.

Dari pantauan di lapangan, loading bansos di Bandara Tjilik Riwut intens dilakukan, yang selanjutnya didistribusikan menggunakan helikopter BNPB ke beberapa titik lokasi.

Misalnya di Katingan yaitu Kecamatan Katingan Hulu 1.750kg, Kecamatan Marikit berjumlah 760kg dan Kecamatan Sanaman Mantikei berjumlah 11.180kg.

Lalu untuk Kabupaten Kapuas di Kecamatan Mandau Talawang berjumlah 5.570 Kg. Selain itu ada juga bagi Kabupaten Murung Raya di Kecamatan Permata Intan 150 Kg.

Total keseluruhan beras CPP yang dibagikan di 3 Kabupaten berjumlah 19, 41 Ton. Sebelumnya Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran melakukan penyaluran melalui udara. Sedikitnya ada tiga unit heli water bombing Badan Penanggulangan Bencana (BNPB), yang berangkat mengangkut bantuan ke lokasi tujuan.

“Bantuan yang di bawah dan didistribusikan menggunakan helikopter. Ini beralasan karena wilayah yang dituju sulit terjangkau transportasi darat,” ujarnya.

Dirinya menuturkan penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat terdampak banjir, sudah dilaksanakan sejak 15 September 2020.

Hingga saat ini dan sejak tahap awal, ujarnya, total bantuan sembako yang disalurkan sudah berjumlah 20 ribu paket.

Sugianto juga menambahkan, pihaknya sebagai jajaran Pemprov akan terus mendistribusikan bantuan bagi korban banjir, berapa pun besarannya.

Selain itu pihaknya juga menyalurkan bantuan makanan tambahan yang diperuntukkan bagi ibu hamil serta anak-anak balita di lokasi bencana. Orang nomor satu di Kalteng itu juga menjelaskan, tidak hanya penyaluran bantuan saja yang ditindaklanjuti, namun juga optimalisasi pasca banjir seperti penanganan kesehatan masyarakat. drn

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas