Penyesuaian Iuran BPJS Ketenagakerjaan Bantu Peserta Terdampak Covid-19

  • Whatsapp
Penyesuaian Iuran BPJS Ketenagakerjaan Bantu Peserta Terdampak Covid-19
Kepala Cabang BPJamsostek Palangka Raya, Royyan Huda
iklan atas

PALANGKA RAYA-BPJamsoktek mengeluarkan rilis dengan Nomor B/5620/092020 tertanggal 10 September 2020, yang berisikan penyesuaian iuran BPJS Ketanagakerjaan di masa bencana wabah Covid-19.

Kepala Cabang BPJamsostek Palangka Raya, Royyan Huda kepada Tabengan Kamis (17/9), menyampaikan bahwa penyesuaian iuran atau yang disebut relaksasi iuran ini merupakan bentuk kepedulian Negara bagi pemberi kerja dan peserta BPJamsostek yang terdampak pandemi Covid-19.

Dengan tujuan untuk mengedepankan perlindungan hak-hak Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi peserta, kemudian untuk meringankan beban pemberi kerja dan peserta untuk menjaga kesinambungan program dan mendukung upaya pemulihan perekonomian dan kelangsungan usaha.

Menurut Royyan, adapun pemberlakuan relaksasi ini mulai bulan Agustus 2020 hingga Januari 2021. Untuk iuran JKK dan JKM, Keringanan diberikan sebesar 99 persen, sehingga iuran JKK dan JKM menjadi satu persen.

Sementara iuran Jaminan Pensiun yang menjadi kewajiban pemberi kerja diberikan penundaan sebesar 99 persen, iuran untuk dibayarkan hanya 1 persen walaupun tidak menghilangkan kewajiban pembayaran iurannya.

Kemudian ditambahkan dia, untuk pemberlakuan denda yang semula di kenakan 2  persen, saat ini hanya diberikan keringan denda sebesar 0,5 persen untuk keterlambatan pembayaran iuran program JKK, JKM, JHT dan JP. Dengan perpanjangan jangka waktu pembayaran iuran dari tanggal 15 menjadi 30 di bulan berikutnya.

“Kebijakan pemerintah ini berlaku sejak iuran bulan Agustus 2020 sampai dengan Januari 2021 mendatang,” tandasnya. dsn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas