Razia Rutan, Sipir Temukan 10 Handphone Hingga Charger

  • Whatsapp
Razia Rutan, Sipir Temukan 10 Handphone Hingga Charger
RAZIA - Sipir Rutan Palangka Raya menemukan handphone di ruang hunian Blok A Rutan Palangka Raya, saat razia pada Rabu (16/09/2020). ISTIMEWA
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Gelar razia kembali dilakukan petugas sipir Rutan Palangka Raya. Dari kegiatan tersebut petugas menemukan 10 handphone dan 10 charger dari dalam ruang hunian Blok A, Rabu (16/9) kemarin. Selain barang tersebut, petugas juga menyita headset, powerbank, cukur jenggot, pisau buatan, garpu, paku dan baterai handphone.

Pemeriksaan pertama kali dilakukan dengan menggeledah badan warga binaan pemasyarakatan (WBP) lalu dilanjutkan ke dalam ruang huni Blok A Rutan Palangka Raya. Setiap sudut ruangan tak luput dari pemeriksaan petugas, baik lemari, kamar mandi hingga selipan-selipan dari dalam tas dan baju yang sudah dilipat.  Nyatanya, barang terlarang yang didapatkan memang sengaja disimpan WBP di tempat tersembunyi dan tidak mencolok.

Kepala Rutan Palangka Raya, Akhmad Zaenal Fikri melalui Kepala Pengamanan Rutan, Erikjon Sitohang, mengatakan jika razia dilakukan secara mendadak agar mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi. “Seluruh barang terlarang yang kita temukan dan disita langsung dimusnahkan. Ini merupakan komitmen kita Rutan bebas dari handphone, pungli dan narkoba (Halinar),” katanya, Kamis (17/9).

Menurutnya, Rutan Palangka Raya telah berupaya menimimalisir hal-hal yang sifatnya mengganggu keamanan dan ketertiban. Bukan Cuma handphone, namun seluruh barang yang dilarang masuk ke lembaga pemasyarakatan. “Penyelundupan yang dilakukan oleh WBP bisa dilakukan dengan berbagai cara, kami pun tidak bisa 24 jam mengawasi mereka. Kalaupun kecolongan itu adalah ulah oknum,” tegasnya.

Jika nantinya terbukti bersalah, WBP akan dilakukan sanksi kurungan isolasi sesuai peraturan yang berlaku. Sedangkan sipir yang berani bermain-main akan ditindak tegas. fwa

iklan atas

Pos terkait

iklan atas