Pelanggar Prokes Palangka Raya Masih Tinggi

  • Whatsapp
Pelanggar Prokes Palangka Raya Masih Tinggi
MENDATA - Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin saat mendata masyarakat yang terjaring dalam razia yustisi penegakan Perwali Nomor 26/2020 di Tugu Soekarno, Rabu (16/9) malam. TABENGAN/RONNY GUNTUR
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin memimpin secara langaung razia yustisi  penegakan Perwali Nomor 26 Tahun 2020 dan penerapam protokol kesehatan perorangan pada hari ketiga, Rabu (16/9) pukul 18.00-22.00 WIB. Adapun titik lokasi yang menjadi tempat penindakan yakni Tugu Soekarno Jalan S Parman.

“Pada operasi penegakan Perwali malam ini, tercatat 61 pelanggar. 49 orang menjalankan sanksi sosial berupa menyapu jalan dan taman, serta 12 orang memilih untuk membayar denda administrasi Rp 100 Ribu,” ungkap Fairid saat diwawancarai awak media.

Satu hal yang cukup menyita Wali Kota termuda di tanah air ini adalah para pelanggar yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah, cukup banyak dilakukan oleh para pendatang dari luar wilayah Kota Cantik.

“Memang sebagian besar yang terjaring merupakan warga Palangka Raya, namun sekitar 20 orang diantaranya merupakan warga pendatang seperti dari Surabaya, Semarang, Jakarta maupun Banjarmasin. Alasannya ada yang lupa membawa masker dan juga yang tidak tahu akan adanya Perwali ini. Maka dari itu, para pendatang yang hendak kesini harus memahami dulu Perwali ini,” beber Fairid.

Untuk itu dirinya meminta kepada para pelaku usaha transportasi antar wilayah di kota setempat, turut mensosialisasikan adanya Perwali beserta sanksinya apabila kedapatan melanggar protokol kesehatan. Seperti di bandara, terminal dan pelabuhan. “Ini penting, agar tak ada lagi yang beralasan tidak tahu adanya pendisplinan protokol kesehatan,” tegasnya.

Selama 3 hari penuh pelaksanaan razia yustisi tersebut, Fairid membeberkan jika telah terdata 270 orang pelanggar, dimana 69 orang menyelesaikan denda administrarif dan 201 orang menjalani sanksi sosial.

“Kembali saya ingatkan masyarakat, selalu terapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam setiap aktifitas. Tim Satgas juga akan menegakkan peraturan yang tercantum di Perwali, sehingga tujuan utama Perwali ini untuk menekan angka sebaran bisa segera tercapai,” pungkasnya. rgb

 

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas