Pedagang Buah yang Bertahan di Tengah Terpaan Corona

  • Whatsapp
Pedagang Buah yang Bertahan di Tengah Terpaan Corona
PEDAGANG BUAH-Lapak pedagang buah di Jalan Tjilik Riwut (tepatnya di Samping Museum Balanga) dan di Jalan Seth Adji, Rabu (16/9).Foto: DANIEL
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pedagang buah segar di Kota Palangka Raya hingga saat ini terus mencoba bertahan dari kerasnya terpaan pandemi Covid-19. Dimana kondisi tersebut sangat mengganggu terhadap perputaran roda ekonomi masyarakat.

Yamani, pedagang buah di bilangan Jalan Tjilik Riwut mengatakan, sangat bersyukur hingga September ini usahanya masih dapat berjalan. Pasalnya, dua lapak milik rekanannya sudah ada yang tutup, sejak beberapa bulan lalu.

“Semua buah datang  dari Jawa, rata-rata dari luar Kalimantan. Ada yang dari Kalimantan seperti melon dan semangka.  Alhamdullilah modal masih berputar, terdampak memang tapi tidak begitu besar oleh karena tidak ada pinjaman di bank,” bebernya kepada Tabengan (16/9).

Yamani melanjutkan perputaran hanya di antara sesama pedagang. “Ambil barang di antara agen dan pedagang. Memang ada resiko buah  busuk, tapi ada pembicaraan lain sebelum jadi atau di nego dulu,” imbuhnya.

Lain halnya dengan lapak buah segar  milik Arbani. Arbani mengaku sangat terdampak selama pandemi berkepanjangan ini. Ia erpaksa mengambil tawaran bantuan kemitraan dari BRI Syariah.

“Terpaksa diambil tawaran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BRI.  Karena sebelumnya bisnis berjalan lancar, tanpa ada masalah.  Tapi setelah Covid khususnya bulan Maret lalu, mau tidak mau ambil tawaran KUR tadi,” ujarnya.

Sarbani menyebutkan pinjaman KUR dari BRI Syariah sebesar Rp25.000.000 selama 1 tahun. Arbani juga menambahkan alasan dirinya tertarik tawaran KUR BRI Syariah karena syaratnya mudah.

“Baru kali ini pinjam di Bank. Syarat mudah  3 hari cair. Tiap bulan cicilan sekitar Rp2.200.000-an lah,” imbuhnya lagi.

Arbani berharap baik dirinya dan teman-teman UMKM lainnya dapat bertahan di tengah pandemi. dsn

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas