Cafe dan Resto Diawasi, Harus Terapkan Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
Cafe dan Resto Diawasi, Harus Terapkan Protokol Kesehatan
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com- Meningkatnya jumlah penderita Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur belakagan ini membuat Satgas Percepatan Penanggulangan Covid-19 dan instansi terkait, semakin gencar melakukan kontrol dan pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan, termasuk di cafe dan resto di Kota Sampit. Hal ini terlihat saat Satgas Covid-19, Polres Kotawaringin Timur dan TNI mendatangi sejumlah cafe dan resto, Rabu (16/9).

“Kami melakukan pengawasan terhadap sejumlah cafe dan resto. Terutama dalam penerapan protokol kesehatan,” jelas Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin, Selasa (15/9) malam.

Menurutnya, pihaknya akan memberikan peringatan terhadap pemilik cafe dan resto, terutama yang tidak menerapkan protokol kesehatan, baik terhadap pengunjung maupun pegawai cafe dan resto. Cafe dan resto harus menyiapkan tempat cuci tangan dan mewajibkan pengunjung menggunakan masker. Selain itu tempat duduk juga harus ada jarak.

“Saat kami melakukan pengawasan tadi, ternyata banyak cafe dan resto yang belum menyiapkan tempat cuci tangan dan protokol kesehatan lainnya,” jelas Kapolres.

Pihaknya memberikan teguran secara lisan kepada pemilik usaha tersebut dan meminta agar semua protokol kesehatan dilengkapi.

“Kami sudah berikan teguran kepada mereka, agar bisa segera melengkapi protokol kesehatan. Terutama untuk para pengunjung dan pegawai yang bekerja ditempat tersebut,” lanjut Kapolres.

Ke depan, pihaknya juga akan terus melakukan pengawasan tersebut. Sehingga, jika masih ditemukan bukan tidak mungkin sanksi pembekuan izin hingga pencabutan izin usaha akan diterapkan.

“Sementara ini, kami berikan teguran dulu. Nanti kalau masih tidak menerapkan protokol kesehatan. Akan diberikan sanksi tegas,” tandasnya.

Kegiatan tersebut akan terus dilakukan, guna menjaga dan mengawasi tingkat kedisiplinan para pelaku usaha tersebut. Sehingga, protokol kesehatan terus dijalankan dan diterapkan setiap harinya.

Meski Perbup Nomor 29 Tahun 2020 sudah di terapkan, namun masih banyak resto dan cafe yang belum terapkan protokol kesehatan Covid-19 m. Diharapkan dengan penegakkan disiplin penerapan protokol kesehatan penanggulangan Covid-19, mata rantai penularan covid-19 bisa diputus. c-arb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas