Bapas Dapat 2 Ribu Bibit Ikan Lele dari Diskan

  • Whatsapp
Bapas Dapat 2 Ribu Bibit Ikan Lele dari Diskan
BIBIT LELE - Bapas Palangka Raya saat menerima bantuan bibit ikan lele dari Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Selasa (15/9). ISTIMEWA
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Bimbingan kemandirian budidaya ikan digelar Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Palangka Raya kepada 20 kliennya, Selasa (15/9) pagi. Kegiatan dimaksudkan sebagai keterampilan baru dan peluang usaha alternatif di masa pandemi covid-19.  Dari kegiatan itu, Bapas Palangka Raya berkolaborasi bersama Dinas Perikanan (Diskan) Kota Palangka Raya yang turut memberikan bantuan berupa 2.000 bibit ikan lele yang nantinya akan dibudidayakan. Bibit diserahkan langsung Kabid Perikanan Budidaya, Lensi Asi, usai memberikan materi budidaya ikan lele.

Nantinya, bibit ikan lele yang diserahkan akan dibudidayakan ke penangkaran Jalan Tjilik Riwut Km 11, mitra kerja dari Bapas Palangka Raya. Bimbingan kemandirian dibuka resmi Plh Kepala Bapas, Ibrahim didampingi Kasi BKD, Amri.  “Budidaya ini adalah agenda rutin kita dalam program bimbingan kemandirian bagi klien yang terintegrasi program cuti bersyarat (CB) dan pembebasan bersyarat (PB),” ucap Amri.

Diterangkan, bimbingan kemandirian diharapkan dapat memicu klien Bapas Palangka Raya untuk kreatif dalam mencari peluang usaha guna penunjang ekonomi, di tambah pada masa pandemi. Klien nantinya akan diberi pemahaman dan cara budidaya ikan baik secara materi dan praktek lapangan.  “Selain budidaya ikan, kita juga berencana melakukan bimbingan kemandirian di bidang mebel, sebelumnya  juga pernah bimbingan ngelas dan sebagainya,” ungkapnya.

Kabid Perikanan Budidaya, Lensi Asi, menuturkan dalam kegiatan tersebut pihaknya memberikan semacam sosialisasi atau gambaran bahwa budidaya ikan itu diutamakan untuk pendapatan dan memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Diharapkan dari bimbingan budidaya ikan lele yang dilakukan dapat diterapkan klien di tengah masyarakat dan berguna bagi mereka. “Sebanyak 2000 bibit ikan lele kita berikan untuk membantu mereka yang sudah bebas agar memiliki lapangan pekerjaan dan usaha. Lalu menggambarkan bahwa budidaya ikan lele itu mudah dan terjangkau,” tuturnya.  fwa

iklan atas

Pos terkait

iklan atas