VERIFIKASI SYARAT CALON, Ben-Ujang Serahkan Kelengkapan Berkas Calon

  • Whatsapp
VERIFIKASI SYARAT CALON, Ben-Ujang Serahkan Kelengkapan Berkas Calon
SERAHKAN PERBAIKAN - LO atau Tim Penghubung pasangan Ben-Ujang menyerahkan perbaikan berkas pasangan calon Ben-Ujang, yang secara langusung diterima oleh Ketua KPU Kalteng Harmain, dan Komisioner KPU Kalteng Sastriadi, Selasa (15/9) di Palangka Raya. TABENGAN/DEDY
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Tahapan verifikasi syarat calon dilalui pasangan Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar (Ben-Ujang) dengan harus memenuhi sejumlah berkas yang masih belum memenuhi syarat. Beberapa diantaranya berupa legalisir ijazah, surat  keterangan catatan kepolisian (SKCK), dan beberapa surat yang memang menjadi syarat calon.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng Harmain, menjelaskan, pada saat pendaftaran pasangan calon, ada syarat pencalonan dan syarat calon. Syarat pencalonan sendiri sudah selesai pada saat pendaftaran lalu. Dimana syarat pencalonan berupa dukungan partai politik, yang secara langsung diverifikasi dan dinyatakan memenuhi syarat.

Syarat kedua, kata Harmain, yakni syarat calon yang merupakan terdiri atas syarat terkait calon itu sendiri. Ada beberapa jenis syarat ini, dan wajib untuk dipenuhi. Syarat calon setelah dilakukan verifikasi, ada beberapa yang tidak memenuhi syarat. Pasangan calon (paslon) diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan.

“Sekarang masa perbaikan, dan pada kesempatan ini pasangan Ben-Ujang menyerahkan berkas persyaratan calon. Berkas persyaratan calon ini diterima, dengan disaksikan secara langsung oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kalteng. Selanjutnya, berkas syarat calon akan dilakukan verifikasi, dan akan diumumkan pada saat penetapan pasangan calon,” kata Harmain, usai menerima perbaikan syarat calon Ben-Ujang, Selasa (15/9) di Palangka Raya.

Penetapan sendiri, lanjut Harmain, dilakukan secara tertutup setelah melihat hasil verifikasi syarat calon, apakah sudah memenuhi syarat keseluruhan, atau seperti apa. Pleno dilakukan secara tertutup, yang kemudian hasil pleno tersebut akan disampaikan kepada masyarakat.

Sementara itu, Liaison Officer (LO) pasangan Ben-Ujang, Junjung Kataruhan didampingi Rusdi, menyampaikan, perlu ditegaskan bahwa berkas pasangan Ben-Ujang bukan tidak lengkap, namun belum memenuhi syarat. Semua berkas yang diserahkan ke KPU Kalteng sebagai syarat calon sudah lengkap. Namun, hasil verifikasi ada beberapa syarat yang masih belum memenuhi syarat.

“Satu contohnya adalah legalisir ijazah pasangan calon. Hari ini, Selasa (15/9), kami atas nama pasangan Ben-Ujang menyerahkan seluruh berkas perbaikan yang sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat. Semua diserahkan ke KPU Kalteng sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kita optimis, pasangan Ben-Ujang lolos dan ditetapkan sebagai pasangan calon,” tutup Junjung.ded

iklan atas

Pos terkait

iklan atas