Bawaslu Kalteng: Pelanggaran Masih Terjadi

  • Whatsapp
Bawaslu Kalteng: Pelanggaran Masih Terjadi
Komisioner Bawaslu Kalteng Siti Wahidah
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com– Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur (Pilgub) Kalimatan Tengah (Kalteng) terus berjalan dan mendapat pengawasan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kalteng. Meskipun masih belum ditetapkan sebagai pasangan calon, namun sejumlah kegiatan yang dilaksanakan pasangan bakal calon terus diawasi.

Komisioner Bawaslu Kalteng Siti Wahidah menjelaskan, sekarang ini pasangan bakal calon Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar dan Sugianto Sabran-Edy Pratowo belum ditetapkan sebagai pasangan calon. Artinya, berbicara aturan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tidak ada pelanggaran yang dilakukan oleh kedua bacalon terkait keikutsertaan dalam Pilgub.

“Pelanggaran memang terjadi, namun pelanggaran terkait dengan protokol kesehatan. Masih terjadi kerumunan dalam kegiatan yang dilakukan kedua bacalon. Meskipun pelanggaran terjadi, namun karena berkenaan dengan protokol kesehatan, bukan menjadi kewenangan Bawaslu Kalteng dalam melakukan penindakan,” kata Siti saat dikonfirmasi terkait pelanggaran dalam Pilgub Kalteng, di Palangka Raya, Senin (14/9).

Perihal pelanggaran protokol kesehatan itu, lanjut Siti, bukan menjadi kewenangan Bawaslu, dan sudah dilaporkan ke Satuan Tugas (Satgas) Covid-19. Bagaimanapun, Bawaslu Kalteng meski tidak memiliki kewenangan dalam penindakan masalah pelanggaran protokol kesehatan, namun diharapkan protokol kesehatan wajib dikedepankan semua bacalon.

Sekarang ini, kata Siti, masih dalam kondisi pandemi Covid-19, sehingga sudah menjadi tanggung jawab semua pihak untuk dapat menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin. Baik itu menggunakan masker, mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, sampai menjaga jarak. Tujuannya sederhana, memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 lebih luas di Kalteng. ded

iklan atas

Pos terkait

iklan atas