3.406 Warga Lamandau Terdampak Banjir 

  • Whatsapp
3.406 Warga Lamandau Terdampak Banjir 
MELUAS- Banjir parah kembali melanda Kabupaten Lamandau. Tampak rumah warga yang terendam banjir. ISTIMEWA
iklan atas

NANGA BULIK/tabengan.com- Banjir di wilayah Kabupaten Lamandau terus meluas. Data terbaru dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamandau, hingga Senin (14/9) pukul 09.11 WIB, tercatat sudah 3.406 warga dari 1.429 kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Lamandau Edison Dewel menyampaikan, sebagai langkah tanggap menyikapi bencana banjir kali ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau melalui BPBD telah menyalurkan sedikitnya 500 paket sembako kepada warga terdampak banjir.

“Tercatat sudah ada 26 desa dan kelurahan di 7 kecamatan yang dilanda banjir. Sedangkan untuk jumlah warga yang terdampak banjir sampai pagi ini adalah 3.406 jiwa dari 1.429 KK,” ungkapnya kepada wartawan, Senin.

Selain perumahan warga, jelas Edison, juga terdapat 34 fasilitas umum dan 3 fasilitas sosial yang terkena banjir parah.

“Dari total jumlah warga terdampak banjir tersebut, sebanyak 306 jiwa dari 91 KK terpaksa harus mengungsi ke tempat yang aman, lantaran rumahnya terendam banjir parah. Posko-posko pengungsian telah dibangun sejak beberapa hari lalu dan warga yang tempat tinggalnya terendam banjir sudah menempatinya,” katanya.

Komandan Satgas Darurat Banjir itu juga mengatakan, terkait fasilitas di tempat pengungsian, Pemkab Lamandau melalui BPBD secara rutin menyuplai bahan-bahan makanan ke setiap pos pengungsian.

Sementara, saat ditanya terkait tinggi muka air (TMA) Sungai Lamandau per Senin pagi, berada di level 762 Cm.

“Ada kenaikan 7 Cm dibanding hari Minggu sore. Kemungkinan debit air masih akan terus bertambah, mengingat di wilayah hulu Lamandau banjir juga masih belum surut,” terang Edison.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat tetap waspada dan segera mengungsi apabila masih bertahan di rumah yang terendam banjir. c-kar

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas