Rawing Rambang Raih Doktor Predikat Cumlaude

  • Whatsapp
Rawing Rambang Raih Doktor Predikat Cumlaude
FOTO BERSAMA-Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi dan Tim promotor Sidang Terbuka Promosi Doktor Rawing Rambang saat foto bersama usai acara sidang terbuka di Aula Rahan, UPR, Kamis (10/9). TABENGAN/ADINATA
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Universitas Palangka Raya (UPR) melaksanakan Sidang Terbuka Promosi Doktor Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana dengan promovendus atas nama Rawing Rambang. Sidang digelar secara langsung dan daring di Aula Rahan UPR, Kamis (10/9).

Tim promotor terdiri dari Dr Andrie Elia SE MSi, Prof Dr Ir Salampak MS, Prof Dr Suandi Sidauruk, Prof Dr Yetrie Ludang, Dr Ir Hj Masliani MP, serta Dr Agustin Teras Narang SH.

Ppenelitian disertasi Rawing Rambang berjudul “Konsepsi Keterbukaan Informasi Publik dalam Penyelenggaraan Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan di Provinsi Kalimantan Tengah (Studi Kasus: PT Sinar Mas Group)”. Hasil sidang terbuka tersebut Rawing dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude.

Dalam rumusan masalahnya, Rawing menguraikan bahwa pelaksanaan asas keterbukaan pembangunan kelap sawit berkelanjutan seharusnya dapat diselenggarakan sebagaimana amanah peraturan perundang-undangan melalui mekanisme tertentu oleh pemerintah nasional maupun daerah.

Namun, perlu dikaji bahwa belum tersedianya informasi tentang eksisting penyelenggaraan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan di Provinsi Kalteng dapat menjadi kendala dalam penyediaan informasi. Sehingga perlu adanya evaluasi khususnya terkait pelaksanaan sistem sertifikasi ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil) oleh perusahaan perkebunan.

Menurut Rawing, penyelenggaraan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan khususnya oleh SOPD, belum terdapat klasifikasi keterbukaan informasi publik apa saja yang relevan digunakan, khususnya di Provinsi Kalteng sebagai indikator pengawasan dan pengendalian. Sehingga dapat menjaga transparansi dan kredibilitas semua pihak.

“Pada penyelenggaraan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan, belum terdapat arahan yang bersifat implementatif dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik, khususnya di Provinsi Kalteng,” ungkapnya.

Usai sidang terbuka, Rektor UPR Andrie Elia menyampaikan ucapan selamat kepada Rawing yang telah berhasil lulus dengan nilai sangat memuaskan. Andrie berharap, dengan predikat Doktor, Rawing dapat mengabdikan diri untuk masyarakat.

Sementara mantan Wakil Gubernur Kalteng H Achmad Diran, yang hadir pada kesempatan itu mengaku bangga dengan semangat Rawing Rambang yang terus mau belajar, meski sudah mendekati pensiun dari jabatan sebagai Kepala Dinas Perkebunan Kalteng.adn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas