Banjir Rendam Sejumlah Desa di Kotim

  • Whatsapp
Banjir Rendam Sejumlah Desa di Kotim
Sejumlah desa di Kecamatan Antang Kalang Kotim diterjang banjir. ISTIMEWA
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com – Hujan lebat yang melanda sejumlah daerah di Kabupaten Kotawaringin Timur belakangan ini menyebabkan sejumlah desa di Kecamatan Antang Kalang dan Mentaya Hulu terendam banjir dengan ketinggian bervariasi, dari 0,5 meter hingga 1 meter dari permukaan tanah.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, banjir di Kecamatan Antang Kalang merendam 96 rumah di Desa Tumbang Kalang, 15 rumah di Desa Tumbang Ramei, dan 25 rumah di Desa Sei Puring. Sedangkan di Kecamatan Mentaya Hulu, hanya ada 1 rumah yang terendam di Kelurahan Kuala Kuayan.

Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin melalui Kapolsek Antang Kalang Ipda Rino Heriyanto mengungkapkan, dari pantauan personel di lapangan, ada 3 desa yang dilanda banjir di wilayah Kecamatan Antang Kalang.

Ketinggian air di Desa Tumbang Kalang sendiri bervariasi, namun ketinggian ada yang mencapai 1,5 meter dari permukaan jalan. Sedangkan di 2 desa lainnya, belum diketahui persis.

“Pengecekan yang kami lakukan bersama anggota TNI, guna memastikan keamanan masyarakat sekitar,” terang Rino.

Sementara, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kotim M Yusup membenarkan kejadian tersebut, dan saat ini pihaknya masih melakukan proses pendataan. Petugas BPBD turun ke lapangan untuk mengantisipasi banjir susulan, dan menghimbau kepada masyarakat yang terkena banjir agar lebih waspada dan persiapan mengamankan keluarga serta harta bendanya. Masyarakat juga diimbau agar waspada terhadap aliran listrik atau kabel yang terendam air. c-arb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas