Empat Bacalon Hadir Jalani Pemeriksaan Kesehatan

  • Whatsapp
Empat Bacalon Hadir Jalani Pemeriksaan Kesehatan
PEMERIKSAAN-Empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kotim saat menjalani tes pemeriksaan, kemarin. TABENGAN/MAYA SELVIANI
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com-Sebanyak empat bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit dr Murjani Sampit Selasa (8/9). Seluruh bacalon semua menjalani semua jadwal pemeriksaan yang sudah dijadwalkan oleh tim medis.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotim Siti Fathonah Purnaningsih mengatakan tes kesehatan merupakan syarat wajib pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati.

Melalui tes ini nantinya akan ada kesimpulan yang dikeluarkan tim IDI, apakah bakal calon yang akan maju tersebut bisa menjalankan tugasnya jika terpilih sebagai bupati dan wakil bupati atau sebaliknya. “Nanti kesimpulannya seperti apa kita lihat hasilnya nanti,” ucapnya.

Usai melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit dr Murjani Sampit para bacalon ujarnya akan melanjutkan pemeriksaan lanjutan di Palangka Raya Rabu (9/9). Pemeriksaan di Palangka Raya meliputi pemeriksaan jasmani dan rohani serta bebas narkoba.

“Karena HIMSI dan BNN ada di Palangka Raya sehingga pemeriksaan dilakukan di Palangka Raya. Usai pemeriksaan ini besok mereka akan berangkat,” katanya.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kotim dr Ikhwan mengungkapkan ada sebanyak 13 dokter spesialis yang akan  terlibat menangani pemeriksaan kesehatan calon. Pemeriksaan kepada pasangan  bacalon meliputi pemeriksaan dari  syaraf,  THT, jantung dan penyakit dalam, treadmill, bedah, paru, psikiatri ,hingga pengambilan sampel darah dan urine. Banyaknya pemeriksaan terhadap pasangan calon menurutnya dikarenakan tim medis harus mendeteksi kondisi kesehatan masing-masing calon untuk melihat apakah ada calon yang mengidap penyakit berat.

“Tidak hanya untuk kondisi kesehatan sekarang namun untuk kondisikesehatan lima tahun yang akan datang,”ucapnya.

Sementara itu salah satu bacalon Wabup Samsudin mengaku sudah mengikuti semua pemeriksaan yang dilakukan. ” Rasanya aman dan nyaman saja , semua berjalan dengan baik,” ucapnya. c-may

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas