Ketegasan Calon Pemimpin Pengaruhi Investasi

  • Whatsapp
Ketegasan Calon Pemimpin Pengaruhi Investasi
Fitria Husnatarina
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com– Pasca-pendaftaran dan deklarasi pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, tidak berpengaruh signifikan pada pergerakan Bursa Efek Indonesia (BEI), khususnya di wilayah Kalteng.

Pengamat Ekonomi Kalteng sekaligus Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya Dr Fitria Husnatarina SE MSi Ak CA mengatakan, BEI tidak banyak terdampak dengan pengumuman pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng. Pasalnya, Pasar Modal Indonesia lebih kepada mekanisme psikologi pasar secara makro dan pergerakan taking profit dari perilaku investor asing.

“Jadi pertanyaan berikutnya, apakah ada efek bagi pola pengambilan keputusan investasi bagi investor-investor di daerah? Kalau pertanyaan itu saya belum bisa menjawab karena perlu penelitian mendalam. Namun, pemikiran awam bukan kepada pola investasi masyarakat lokal, tapi lebih kepada sentimen pemegang modal (calon penanam modal di daerah),” tuturnya kepada Tabengan, Senin (7/9) malam.

Fitria mengemukakan, pola investasi di daerah juga lebih banyak berbicara tentang figur pemimpinnya. Dalam hal ini, bagaimana pemegang modal memandang pasangan calon yang akan memimpin daerah nantinya.

“Itu yang penting digali berdasarkan track record pemimpin daerah tersebut,” imbuhnya.

Menurut dia, salah satu faktor yang menentukan pergerakan investasi daerah adalah seberapa tegas pemimpin terpilih nanti menempatkan prioritas dalam mekanisme berinvestasi di daerah tersebut dan banyak variabel lainnya.

Yang paling penting lagi, tambah Fitri, yaitu pola keputusan investasi, terutama yang berkaitan dengan investasi sumber daya alam (SDA) daerah. Sebab, pemimpin punya karakter yang kuat. Keseimbangan antara pemberdayaan masyarakat, perlindungan kelestarian lingkungan dan percepatan pembangunan daerah harus dalam timbangan yang seimbang.

“Ini yang akan mungkin sulit untuk dijawab. Andai saya diizinkan dapat bertanya terbuka dengan semua pasangan calon, pertanyaan saya hanya satu itu, bagaimana strategi mereka untuk menempatkan people, planet dan profit itu dalam timbangan yang tetap seimbang dan berkelanjutan,” tandasnya. dsn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas