Cuaca Ekstrem, Warga Hulu Kapuas Waspada Banjir

  • Whatsapp
Cuaca Ekstrem, Warga Hulu Kapuas Waspada Banjir
iklan atas

KUALA KAPUAS/tabengan.com- Terkait tingginya curah hujan yang terjadi dalam beberapa hari ini, khususnya di bagian hulu Kapuas, kepada seluruh lapisan warga di wilayah rentan banjir agar selalu waspada dan tetap siaga. Karena meluapnya air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas sewaktu-waktu bisa terjadi. Dengan kesiapsiagaan, setidaknya tak sampai menimbulkan kerugian harta benda, bahkan korban jiwa.

Demikian imbauan disampaikan Panahatan Sinaga, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, kepada warga di wilayah 4 kecamatan bagian hulu yang rentan banjir tahunan. Terutama bagi warga yang tinggal di sepanjang bantaran Sungai Kapuas, seperti Kecamatan Mandau Telawang, Kapuas Hulu, Pasak Telawang dan Kecamatan Kapuas Tengah.

“Dengan selalu siaga dan tetap berwaspada, paling tidak mereka sudah siap untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Dan paling tidak, sudah bisa mengamankan barang-barang berharga mereka yang tidak tahan dengan air. Oleh karena itu saya harapkan mereka jangan sampai lengah dan selalu memantau kondisi air yang ada di DAS Kapuas tersebut,” kata Sinaga, Selasa (8/9/2020).

Terpisah, Dinas, Kepala Desa Sei Hanyo Kecamatan Kapuas Hulu saat dihubungi via telepon membenarkan akan adanya kenaikan air sungai di DAS Kapuas dan melihat dari hal tersebut dirinya bersama aparat desa juga sudah mulai mengaktifkan pos jaga atau pantau yang ada di wilayahnya

“Benar pak, sudah beberapa hari ini intensitas hujan cukup tinggi dan ketinggian air pada DAS Kapuas juga mulai naik. Guna mengatisipasi hal-hal yang tidak terduga kami sudah mulai mengaktifkan pos pantau air di wilayah kami, mudah-mudahan saja pos ini dapat bermanfaat dan juga wilayah kami jangan sampai kebanjiran lagi,” katanya.c-yul

iklan atas

Pos terkait

iklan atas