Libatkan 28 Dokter, 16 Pemeriksaan Bacalon

  • Whatsapp
Libatkan 28 Dokter, 16 Pemeriksaan Bacalon
Direktur RSUD Doris Sylvanus drg Yayu Indriati  
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com– Pendaftaran pasangan bakal calon (bacalon) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Tengah (Kalteng) selesai dilaksanakan. Terdaftar 2 bacalon, pasangan Ben Brahim Sion Bahat-Ujang Iskandar dan pasangan Sugianto Sabran-Edy Pratowo.

Usai mengikuti pendaftaran, bacalon akan mengikuti tahapan lanjutan yakni  pemeriksaan kesehatan. RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalteng, sebagai lokasi dan tim medis yang akan  melaksanakan pemeriksaan bacalon yang akan mengikuti Pilgub Kalteng.

Direktur RSUD Doris Sylvanus drg Yayu Indriati mengatakan, RS Doris Sylvanus Palangka Raya bekerja sama dengan KPU Kalteng sebagai wadah dilakukannya pemeriksaan kesehatan bagi bacalon Pilgub Kalteng. Tim pemeriksaan terdiri atas IDI Kalteng, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Kalteng, dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kalteng.

“Ada 16 macam pemeriksaan dan melibatkan banyak kompetensi dan alat alat kesehatan yang semua sudah tersedia di RS Doris Sylvanus Palangka Raya. Tempat pemeriksaan  di zona hijau Gedung Pendidikan dan Penelitian (Diklit) pada 8 dan 9 September 2020,” kata Yayu, saat dikonfirmasi terkait dengan persiapan proses pemeriksaan bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, Senin (7/9), di Palangka Raya.

Yayu mengatakan, 16 macam pemeriksaan yang dilakukan mengacu pada SK Ketua KPU Kalteng tentang Pedoman Teknis Standar Kemampuan Jasmani dan Rohani dalam Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2020. Di antaranya pemeriksaan fisik oleh tim dokter penyakit dalam jantung dan pembuluh darah, syaraf, paru, bedah, THT, mata, gigi dan mulut.

Kemudian, lanjut Yayu, laboratoris dan radiologis oleh tim dokter patologi klinis dan radiologis. Kesehatan rohani oleh tim dokter psikiatri dan psikologi. Juga tim pemeriksa narkotika oleh BNN Kalteng. Pemeriksaan kesehatan ini melibatkan sebanyak 28 dokter.

Tahapannya, hari pertama mulai pukul 07.30 sampai dengan pukul 15.00 WIB di RS Doris Sylvanus Palangka Raya disambung di BNN Kalteng. Hari kedua diagendakan mulai pukul 07.30 sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Sementara itu, bacalon pasangan Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar menyampaikan, tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan  bukanlah hal yang baru, sebab itu sudah dilakukan saat mengikuti pemilihan bupati.

“Jaga kesehatan, makan teratur, dan tidur yang cukup. Berdoa dan berusaha merupakan yang dapat dilakukan sekarang ini. Intinya, Ben-Ujang siap dalam menghadapi pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan lolos,” kata  Ben yang didampingi Ujang. ded

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas