Pertarungan 4 Pasang Tokoh Kotim

  • Whatsapp
Pertarungan 4 Pasang Tokoh Kotim
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com- Sejumlah bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Hingga hari terakhir pendaftaran, total ada 4 paslon yang mendaftar untuk ikut menjadi peserta Pilkada Kotim 9 Desember mendatang.

Di hari pertama pendaftaran, ada 3 pasang bacalon yang mendaftar dan menyerahkan dokumen, yakni pasangan Suprianti-M Arsyad (SUPER), Halikinnor-Irawati (HARATI) dan Rudini-Samsudin (BERCAHAYA). Kemudian di hari kedua, pasangan Taufiq Mukri-Supriadi (PANTAS).

Untuk pasangan SUPER dinakhodai oleh Suprianti yang merupakan bos properti besar di Kota Sampit. Hotel Wella, Hotel Werra hingga Sampit Waterpark merupakan jaringan bisnis yang ia bangun di Sampit. Selain sosok pengusaha sukses, Suprianti juga istri dari anggota DPRD Kotim Rambat.

Kemudian untuk pendampingnya, M Arsyad, merupakan anggota DPRD Kotim. Pada pelaksanaan Pilkada 5 tahun lalu, Arsyad pernah maju bertarung dari jalur independen, namun gagal. Pasangan ini diusung oleh PKB dan Gerindra.

Berikutnya pasangan HARATI yang dinakhodai Halikinnor. Halikinnor adalah Sekda Kotim, pejabat senior dalam tatanan birokrasi Pemkab Kotim. Selain itu, ia juga memiliki pengalaman organisasi di berbagai macam bidang.

Sementara pendampingnya, Irawati, merupakan anggota DPRD Kalteng yang juga adik kandung dari Bupati Kotim H Supian Hadi. Ia juga aktif dalam beberapa organisasi wanita. Pasangan ini diusung oleh PDIP, Demokrat dan Perindo. Selain itu, untuk partai pendukung non parlemen seperti Partai Berkarya, Gelora, PKPI, Garuda, PBB dan PSI.

Sementara, pasangan BERCAHAYA  dinakhodai oleh Rudini, anggota DPRD Kotim sekaligus Ketua PAN Kotim yang juga anak kandung dari Alm Darwan Ali, mantan Bupati Seruyan. Pengalamannya berpolitik tidak diragukan lagi. Terlebih, ia pun pernah mengikuti pertarungan Pilkada pada 5 tahun lalu.

Kemudian pendampingnya, Samsudin, merupakan Kepala Kemenag Kotim. Sikapnya yang ramah kepada siapa saja membuatnya dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat. Pasangan ini diusung olen PAN, PKS dan Hanura.

Selanjutnya pasangan PANTAS, dinakhodai oleh Taufiq Mukri yang merupakan Wabup Kotim dua periode bersama Bupati Kotim H Supian Hadi. Taufiq yang juga Ketua PPP Kotim, berpengalaman dalam politik dan urusan birokrasi. Pendampingnya Supriadi MT, Ketua DPD Golkar Kotim.

Kiprah Supriadi dalam dunia politik sudah tidak diragukan dengan segala pengalaman politik yang ia jalani. Salah satunya menjadi Wakil Ketua DPRD Kotim dan juga berbagai organisasi kemasyarakatan. Pasangan ini diusung oleh Golkar dan Nasdem serta partai pendukung PPP.

Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih mengungkapkan, usai pelaksanaan pendaftaran, pihaknya akan melanjutkan tahap berikutnya yakni verifikasi syarat calon. Kemudian, persiapan pemeriksaan untuk keperluan pemenuhan syarat sehat jasmani rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika.

Pemeriksaan kesehatan bakal calon bupati dan wabup dilaksanakan pada 4 hingga 11 September yang hasilnya diumumkan 12 September.

“Untuk penetapan calon dijadwalkan pada 23 September. Untuk itu, kita terus menggenjot pelaksanaan ini hingga pada waktu penetapan nanti, ” ujarnya. c-may

 

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas