Mendaftar, Sugianto-Edy Disambut Hujan Berkah

  • Whatsapp
Mendaftar, Sugianto-Edy Disambut Hujan Berkah
OPTIMIS MENANG - Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran-H Edy Pratowo (Sugianto-Edy), resmi mendaftarkan diri di KPU Kalteng, Minggu (6/9) malam sekitar pukul 21.00 WIB. TABENGAN/DEDY ABDUL RAKHIM
iklan atas

 PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pasangan bakal calon (bacalon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Sugianto Sabran-Edy Pratowo (Sugianto-Edy), resmi mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah (Kalteng), Minggu (6/9) malam sekitar pukul 21.00 WIB.

Mendaftarnya Sugianto-Edy menjadi tanda berakhirnya pasangan calon yang ikut dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Kalteng. Sugianto-Edy diusung 8 partai politik (parpol) dengan total kursi mencapai 33 kursi.

PDI Perjuangan 12 kursi, Partai Golkar 7 kursi, Partai NasDem 5 kursi, PKB 4 kursi, PAN 2 kursi, dan masing-masing 1 kursi PKS, PPP dan Perindo. Pendaftaran bacalon Pilgub Kalteng dengan menerapkan protokol kesehatan dan diawasi oleh pihak kepolisian.

Para ketua partai dan sekretaris hadir secara langsung mendampingi pasangan Sugianto-Edy dalam proses mekanisme pendaftaran di KPU Kalteng. Sugianto Sabran mengatakan, tahapan pendaftaran sudah selesai. Ini adalah kontestasi politik dan pesta demokrasi, mari berjuang bersama memberikan yang terbaik.

“Mari berjuang tanpa membuat gesekan-gesekan. Ada 8 parpol dengan total 33 kursi yang mengusung pasangan Sugianto-Edy optimis menang. Jadikan Pilkada ini aman, damai dan tertib, serta biarkan masyarakat memilih calonnya sebaik mungkin, ” kata Sugianto usai pendaftaran.

Persyaratan pencalonan sudah diserahkan, kata Sugianto, termasuk Swab sebagai bentuk dukungan dan jaminan serta menjalankan protokol kesehatan. Hasilnya, sudah disampaikan dan diterima KPU Kalteng. Mohon doa masyarakat agar mendukung pasangan Sugianto-Edy.

Sejumlah program sudah disiapkan, ungkap Sugianto, pada masa kepemimpinan periode kedua nantinya. Sekarang ini Kalteng mendapatkan program dari pemerintah pusat yakni food estate, dimana masyarakat Kalteng harus ambil bagian di dalamnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kalteng Harmain menjelaskan, tahapan pendaftaran bakal calon Pilgub sudah selesai. Dimana pada hari sebelumnya ada pasangan Ben-Ujang yang mendaftar dengan diusung 3 partai dengan jumlah 12 kursi, dan hari terakhir Sugianto-Edy yang diusung 8 partai dengan jumlah 33 kursi.

“Syarat pencalonan sudah memenuhi syarat, dan sudah selesai. KPU akan melakukan verifikasi terkait dengan syarat calon. Tidak ada parpol yang bisa menarik dukungan karena sudah dilakukan verifikasi dan sudah memenuhi syarat,” kata Harmain.

Pada 8-11 September 2020, kata Harmain lagi, akan dilakukan pemeriksaan kesehatan. Rumah sakit yang akan menjadi tempat pemeriksaan kesehatan adalah sesuai rekomendasi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalteng yakni RS Doris Sylvanus Palangka Raya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Kalteng Satriadi menyampaikan, Bawaslu Kalteng melakukan pengawasan terhadap tahapan pendaftaran yang dilakukan KPU Kalteng. Proses yang sama, perlakuan yang sama, dan tahapan yang sama diberikan kepada semua pasangan calon yang mendaftar.

Bawaslu Kalteng, kata Satriadi, mengawasi dan memeriksa beberapa hal yang sangat penting salah satunya formulir B1KWK yang menjadi syarat pencalonan. Demikian pula dengan syarat-syarat lainnya.

Sugianto-Edy:  Terima Kasih PDIP, Golkar, Nasdem, PPP, PKB, PAN, PKS dan Perindo

Sebelumnya, PDIP akhirnya mengusung petahana H Sugianto Sabran dan H Edy Pratowo dalam Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Surat rekomendasi B1KWK diserahkan oleh jajaran petinggi DPD PDIP Kalteng kepada bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng itu, Sabtu (5/9) malam.

Ketua DPD PDIP Kalteng Arton Dohong mengatakan, jika sudah dipercaya Dewan Pimpinan Pusat (DPP), pasti sudah tepat apa yang diputuskan. Untuk itulah, sebagai kader banteng moncong putih, harus bahu-membahu dengan seluruh partai koalisi lainnya memenangkan bakal calon yang diusung.

“Kami seluruh kader tidak ada yang setengah hati. Kalau saya setengah hati lebih baik mundur dari pengurus partai,” kata Arton.

Sementara itu, Sugianto mengucapkan terima kasih atas kepercayaan PDIP kepada dirinya. Dia bersama Edy Pratowo diusung oleh PDIP merupakan berkah dari Tuhan, yang telah diberi kepercayaan. Ia pun bersama timnya siap bekerja keras untuk memenangkan pertarungan Pilkada Kalteng.

“Ini sebagai berkah dari Tuhan kepada saya dan Pak Edy. Bersama tim pemenangan siap untuk bertarung dan menang di Pilkada ini,” kata Sugianto. yml/ded

iklan atas

Pos terkait

iklan atas