Ini Pemenang Lomba Desain Batik Gumas

  • Whatsapp
Ini Pemenang Lomba Desain Batik Gumas
iklan atas

KUALA KURUN– Lomba Desain Batik Kabupaten Gunung Mas (Gumas) yang diselenggarakan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Gumas selama satu bulan sejak Agustus 2020 lalu, berakhir sudah. Hasilnya, 6 orang ditetapkan sebagai pemenang.

Juara I diraih Eva Merry Yana Pause dengan judul Suli si Batu Suli, juara II Reffa Yana dengan judul Batik Air Terjun Bawin Kameloh, dan juara III Jefri dengan judul Batik Batu Suli. Kemudian Nofri Harap Minart, Muhammad Rasya Wira Pratama, dan Galang Rahmadhani sebagai pemenang harapan I, II dan III.

Ketua Dekranasda Gumas Mimie Miriatie Jaya S Monong mengatakan, kegiatan bertema ‘Batik yang Menggambarkan Wisata yang ada di Kabupaten Gunung Mas’ ini bertujuan mendongkrak sektor pariwisata, kebudayaan hingga kekayaan batik daerah.

Mimie mengatakan, lomba ini bersifat terbuka bagi seluruh warga Negara Indonesia. Pendaftaran peserta dilakukan secara gratis. Pendesainan batik ini harus dikerjakan pada kertas ukuran A3, kemudian desain diberikan deskripsi singkat dari judul karya, sumber ide, hingga ulasan.

Dijelaskan Mimie, jumlah peserta desain batik ini terdaftar sebanyak 122 orang. Lalu untuk desain berjumlah 200 dari seluruh Indonesia yang mendaftar, termasuk dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Dalam kompetisi tersebut, para desainer dituntut untuk mampu menghasilkan kreasi batik yang menggambarkan destinasi wisata di Kabupaten Gumas.

“Untuk penilaian ada beberapa poin yang dinilai, yaitu dari komposisi motif, baik keunikan maupun sisi artistiknya. Kemudian komposisi warna, kreativitas hingga keharmonisan antara tema, sumber ide dan motif,” ujarnya. c-mdo

iklan atas

Pos terkait

iklan atas