NasDem Segera Umumkan, PKS Masih Proses, Golkar ke Petahana

  • Whatsapp
NasDem Segera Umumkan, PKS Masih Proses, Golkar ke Petahana
Ketua DPW Partai NasDem Kalteng Faridawaty Darland Atjeh, Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) Yurikus Dimang dan Ketua DPW PKS Kalteng Heru Hidayat
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com- Teka-teki rekomendasi sejumlah partai politik (parpol) masih menjadi perbincangan hangat masyarakat di Kalimantan Tengah (Kalteng). Beberapa parpol sudah secara resmi memberikan dukungan.

Sebut saja, Partai Demokrat ke pasangan Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar. Partai Golkar, PKB, dan PPP menyatakan dukungan kepada Sugianto Sabran yang juga petahana. Namun, beberapa parpol masih dalam proses pengurusan rekomendasi. Misalnya Partai NasDem dan PKS.

Ketua DPW Partai NasDem Kalteng Faridawaty Darland Atjeh menegaskan, DPW Partai NasDem Kalteng tunduk pada instruksi partai. Apa yang menjadi pilihan DPP Partai NasDem sudah menjadi garis dan instruksi partai untuk dijalankan secara berjenjang.

“Rekomendasi dari Partai NasDem segera untuk dikeluarkan. Satu dua hari ke depan, akan diumumkan siapa yang akan diusung dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalteng tahun 2020 ini. Bersabar bagi semua pihak untuk mengetahui siapa yang akan menjadi jagoan Partai NasDem,” kata Faridawaty via telepon, Senin (31/8).

Dia mengatakan, bagi yang ingin maju itu merupakan tokoh terbaik Kalteng. Partai NasDem dalam memberikan rekomendasi tentunya dengan banyak pertimbangan, salah satunya peluang untuk menang. Sekarang ini tidak ingin berandai-andai siapa yang akan diusung, tunggu pada saatnya nanti diumumkan secara langsung.

Silakan saja, kata Faridawaty, opini masyarakat terkait dengan siapa yang akan diusung. Sekarang ini DPP Partai NasDem belum memberikan amanat untuk menyampaikan siapa yang akan diusung, maka DPW Partai NasDem tidak berani menyatakan memberikan rekomendasi kepada calon mana pun. Apapun yang menjadi perintah DPP Partai NasDem, maka wajib hukumnya bagi kader untuk menjalankan.

Terpisah, Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) Yurikus Dimang menyatakan, Partai Golkar sudah memberikan rekomendasi mendukung petahana dengan mengajukan 2 nama yang akan menjadi pendamping.

“Perlu diketahui bersama, Partai Golkar masih kekurangan jumlah kursi dalam mengusung calon dalam Pilgub Kalteng tahun ini, maka perlu dilakukan koalisi dengan sejumlah partai. Pembahasan sedang dilakukan di tingkat pusat terkait dengan rekomendasi kepada petahana dengan mengajukan kader Partai Golkar sebagai wakil,” kata Yurikus.

Dua hari ke depan, lanjut Yurikus, dapat diketahui siapa yang akan secara resmi diusung Partai Golkar bersama dengan partai koalisi dalam Pilgub ini. Komunikasi masih terus berjalan dengan parpol koalisi atas opsi yang ditawarkan. Sekarang masih menunggu siapa yang secara resmi diusung, dan siapa yang akan mendampingi petahana.

Yurikus menyebut, ada 2 nama yang diajukan dan menjadi opsi mendampingi petahana, yakni Edy Pratowo sekarang menjabat Bupati Pulang Pisau dan Eddy Raya Syamsuri yang sekarang menjabat sebagai Bupati Barito Selatan. Kedua nama ini muncul atas rekomendasi dari akar rumput, yang sudah secara resmi diajukan ke DPP Partai Golkar.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Kalteng Heru Hidayat mengatakan, sekarang ini rekomendasi untuk PKS siapa yang akan diusung dalam Pilgub Kalteng masih berproses di DPP PKS. Pada saatnya, pasti diinformasikan kepada masyarakat siapa yang akan diusung. ded

iklan atas

Pos terkait

iklan atas