Penanggulangan Karhutla, Kodim 1014 Pangkalan Bun Kerahkan 74 Personel

  • Whatsapp
Penanggulangan Karhutla, Kodim 1014 Pangkalan Bun Kerahkan 74 Personel
Dandim 1014 Pangkalan Bun Letkol ARH Drajat Tri Putro saat diwawancarai wartawan perihal persiapan menghadapi karhutla.
iklan atas

PANGKALAN BUN/tabengan.com- Dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Kodim 1014 Pangkalan Bun telah mempersiapkan kekuatan dengan melibatkan 74 personel Kodim 1014 Pangkalan Bun, dan pihaknya pun akan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat dalam penanggulangan karhutla.

Komandan Kodim 1014 Pangkalan Bun Letkol ARH Drajat Tri Putro menegaskan, bahwa ancaman setiap musim kemarau biasanya terjadi karhutla di lahan gambut. Menghadapi masalah itu, pihaknya telah melakukan perencanaan besar dan menyusun strategi yang tepat untuk penanganan karhutla di Kobar.

“Kami telah menyusun perencanaan dan strategi untuk menangani karhutla, termasuk juga anggota Kodim 1014 Pangkalan Bun siap dilibatkan untuk penanganan karhutla. Kami telah siapkan 74 personel baik dari Kodim, Koramil dan Babinsa,” kata Drajat Tri Putro.

Menurutnya, 74 personel inilah yang akan melakukan berbagai upaya pencegahan karhutla. Termasuk ketika ada kejadian kebakaran, personel yang ada di Koramil dan Kodim juga siap turun ke lapangan. Mengingat Kodim 1014 Pangkalan Bun siap dilibatkan baik sebelum maupun saat ada kebakaran.

“Kami juga melihat bahwa semakin ke sini masyarakat semakin banyak yang peduli. Pihaknya terus berupaya mengedukasi masyarakat terkait larangan membuka lahan tanpa membakar. Supaya saat musim kemarau di Kobar tidak ada kasus kebakaran dan tidak ada bencana kabut asap,” bebernya.

Bahkan, lanjut Dandim, ke depan akan dibuat demplot atau tempat pembelajaran masyarakat yang hendak membuka lahan untuk bercocok tanam, namun tidak membakar lahan. Sehingga tempat tersebut bisa dijadikan rujukan untuk belajar bertanam yang baik tanpa harus membakar lahan.

“Pentingnya edukasi ke masyarakat supaya ke depan, aktivitas membuka lahan dengan cara di bakar benar bisa ditinggalkan,” pungkasnya. c-uli

iklan atas

Pos terkait

iklan atas