Dewan Minta PT BKI Transparan soal Plasma

  • Whatsapp
Dewan Minta PT BKI Transparan soal Plasma
Anggota DPRD Bartim Ariantho S Muler
iklan atas

TAMIANG LAYANG/tabengan.com – Kalangan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Barito Timur, meminta kepada Management PT Borneo Ketapang Indah (BKI) supaya transparan dalam pengelolaan kebun sawit plasma di daerah itu.

“Demi menjaga iklim investasi yang kondusif, semestinya Management PT BKI harus transparan masalah plasma ini, serta menunjukkan kepada pengurus dan anggota Koperasi Plasma Isa Pakat (KPIP) Bambulung dimana lokasi plasma yang dibangun sebagai kewajiban perusahaan itu,” kata Wakil Ketua I DPRD Barito Timur Arianto S Muler melalui WhatsApp di Tamiang Layang, Senin (24/8).

Politikus asal PKPI tersebut menegaskan, meskipun plasma yang dibangun tersebut masih menjadi kewajiban perusahaan untuk memelihara dan panen tetapi pemilik plasma ya berkewajiban juga untuk mengetahui dimana posisi kebun plasma yang dibangun dari konfensasi pelepasan lahan dari masyarakat itu,” katanya.

Ditambahkan dia, saat ini sangat banyak keluhan pemilik plasma termasuk keterlambatan pembayaran kepada pemilik plasma, dan dari sejak awal 2020, bahkan pemilik plasma hanya dibayarkan dalam bentuk biaya hidup sehingga yang diterima oleh pemilik plasma berkurang dari nilai sebelumnya.

Menurutnya, DPRD secara kelembagaan selalu membuka diri atas permasalahan ini. Oleh karena itu, kepada Koperasi Plasma Isa Pakat (KPIP) Bambulung, silahkan menyurati DPRD atas permasalahan ini dan surat laporan tersebut akan menjadi dasar Badan Musyawarah DPRD untuk menetapkan jadwal RDPU dengan menghadirkan Dinas Terkait.

“Melalui Rapat Dengan Pendapat Umum (RDPU), pihaknya bersama Perusahaan dan pihak Koperasi dapat bersama-sama membahas permasalahan ini,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Arianto S Muler Wakil Ketua I DPRD yang juga Ketua DPK PKPI Kabupaten Barito Timur ini meminta kepada perusahaan supaya jangan masyarakat jangan sampai dirugikan.

“Kami yakin yakin masyarakat kita telah mendukung investasi di daerah tapi juga harus menguntungkan bagi masyarakat,” pungkasnya. c-yus.

iklan atas

Pos terkait

iklan atas