Antisipasi Karhutla, Pemdes Hurung Kampin Bentuk BPK Desa

  • Whatsapp
Antisipasi Karhutla, Pemdes Hurung Kampin Bentuk BPK Desa
Ason
iklan atas

KUALA KAPUAS/tabengan.com – Walaupun masih dalam proses pelaksanaan, namun dalam upaya mengantisipasi sekaligus menanggulangi dan mencegah terjadinya kebakaran lahan, hutan dan ladang bahkan permukiman di wilayahnya, Pemerintahan Desa Hurung Kampin membentuk Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Desa.

Ason, Kepala Desa Hurung Kampin, Kecamatan Pasak Telawang, saat dibincangi Sabtu (22/8/2020), mengatakan, dengan menyisihkan sedikit Dana Desa (DD) pihaknya pada tahun 2020 ini sudah menganggarkan alokasi dana ini guna pengadaan alat-alat kelengkapan pemadam kebakaran yang standar serta pelatihan bagi anggotanya.

“Betul, untuk alokasi DD tahun 2020 kami dari Pemdes Hurung Kampin sudah menganggarkan dana tersebut untuk penyediaan kelengkapan alat-alat pemadam kebakaran serta dana untuk pelatihan bagi anggota BPK yang kita rangkul dari warga desa kami sendiri. Dengan terbentuknya BPK ini saya berharap desa kami dapat mengantisipasi, mencegah sekaligus menanggulangi apabila terjadi adanya bencana kebakaran baik lahan, hutan maupun permukiman,” kata Ason.

Lebih lanjut dikatakan, dari hasil koordinasi yang mereka lakukan baik BPBD maupun dari BPK yang ada di Kapuas terkait dengan berapa kelayakan untuk ketersedian tenaga satu regu anggota, karena berkaitan dengan dana hal ini akan mereka musyawarahkan bersama warga guna mendapatkan masukan, sehingga keberadaannya tidak hanya semangat di awal namun tidak efektif di belakang harinya. Sebab, mereka akan masuk dalam bagian Pemdes dan diberikan SK oleh desa. c-yul

iklan atas

Pos terkait

iklan atas