Perkuat Pangan Lokal Melalui Gerakan Diversifikasi

  • Whatsapp
Perkuat Pangan Lokal Melalui Gerakan Diversifikasi
TALKSHOW – Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setda Kalteng Endang Kusriatun mewakili Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran membuka Talkshow Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal secara virtual, di Aual Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (19/8) lalu/TABENGAN-DIDIN.
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pemprov Kalteng menggelar kegiatan Talkshow Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal 2020, di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (19/8).

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Endang Kusriatun, membuka acara itu secara langsung.

Talkshow yang diikuti oleh seluruh kepala perangkat daerah se Kalteng itu, disebutkan Endang, sasaran utama dari gerakan diversifikasi ini, menurunkan ketergantungan akan konsumsi beras. “Selain itu juga meningkatkan konsumsi pangan lokal non beras atau sumber karbohidrat lainnya,” ujarnya, di sela-sela kegiatan itu.

Tidak hanya itu, ucapnya, menumbuhkan usaha menengah kecil mikro (UMKM) pangan sebagai penyedia lokal, juga menjadi target utama. Disamping itu, gerakan itu juga sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Utamanya, ujarnya, gerakan diversifikasi tersebut, merupakan sebagai salah satu penguatan pangan lokal.

Apalagi hal ini cukup berkaitan, dimana Indonesia khususnya Kalteng juga menghadapi tantangan dalam upaya mewujudkan pemantapan ketahanan pangan, di masa Pandemik Covid-19.

“Diharapkan melalui gerakan diversifikasi pangan lokal ini, masyarakat dapat mengkonsumsi pangan lokal serta mengurangi makan nasi,” jelasnya.

Selain itu, program tersebut bisa meningkatkan konsumsi pangan lokal yang beragam gizi, seimbang dan aman. Dengan begitu, maka masyarakat mampu mendapatkan gizi yang baik, khususnya dalam upaya menurunkan angka stunting di daerah ini. drn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas