Pondasi Jembatan Padas Retak

  • Whatsapp
Pondasi Jembatan Padas Retak
RETAK – Tampak bagian pondasi jembatan Padas, di Desa Bajarau, Kecamatan Parenggean, Kabupaten Kotim, mengalami keretakan. Foto diambil, Rabu (19/8) siang/TABENGAN-SEGAH
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Salah satu pondasi jembatan Padas, yang terletak di Desa Bajarau, Kecamatan Parenggean, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), mengalami keretakan. Akibat keretakan yang terjadi pada jembatan yang baru dibangun beberapa tahun lalu tersebut, salah satu titik pondasi mengalami penurunan.

Kerusakan salah satu pondasi jembatan yang menyeberangi sungai Tualan tersebut memerlukan perhatian serius dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng), khususnya dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Dari pantauan awak Tabengan, Rabu (19/8) siang, salah satu titik pengaman pondasi jembatan tersebut sudah mengalami keretakan, sehingga menyebabkan penurunan, begitu bagian atas pondasi juga mulai mengalami keretakan. Hal itu diperparah lagi dengan kondisi tanah timbunan di sekitar jembatan yang tergerus akibat aliran air.

Diharapkan jembatan yang baru dibangun tersebut segera mendapat pemeriksaan dan tindak lanjut dari instansi terkait. Terlebih tingginya intensitas arus lalu lintas kendaraan umum, terutama angkutan Perusahaan Besar Swasta (PBS), khususnya kelapa sawit melalui jembatan tersebut.

Sementara, Yuseno salah satu warga yang kebetulan melintas melalui jembatan tersebut, saat dibincangi mengharapkan, agar pemerintah bisa segera melakukan perbaikan dan pemeriksaan pada jembatan tersebut.

“Kita mengharapkan agar pemerintah bisa turun langsung untuk memeriksa kondisi jembatan, sehingga jangan sampai terjadi kerusakan parah dan menyebabkan arus transportasi melalui ruas jalan ini terganggu,” kata Yuseno.

Kerusakan jembatan tersebut pun langsung mendapat perhatian dari Komisi IV DPRD Kalteng, yang membidangi Infrastruktur dan Prasarana. Setelah adanya laporan kerusakan jembatan tersebut dari masyarakat, pihaknya langsung berkoordinasi dengan PURD Kalteng.

“Untuk kerusakan jembatan Padas ini, sudah kita sampaikan kepada Kepala PUPR Kalteng. Dari laporan yang kita sampaikan, pihaknya dari PUPR akan segera menindaklanjuti dan menurunkan tim ke lapangan,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kalteng, Artaban saat dihubungi melalui ponselnya, Kamis (20/8). sgh

iklan atas

Pos terkait

iklan atas