Upacara HUT RI Disiplin Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
Upacara HUT RI Disiplin Protokol Kesehatan
ISTIMEWA HUT RI- Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin saat bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam upacara bendera peringatan HUT Ke-75 RI di halaman Kantor Wali Kota serta meresmikan Patung Tjilik Riwut, Senin (17/8).
iklan atas

 

PALANGKA RAYA/tabengan.com- Upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT Ke-75 Republik Indonesia di halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya, Senin (17/8), berlangsung sederhana tanpa perayaan meriah seperti tahun-tahun sebelumnya, serta hanya diikuti puluhan peserta.

Para peserta yang hadir di lapangan hanya terdiri dari perwakilan unsur TNI, Polri serta ASN di lingkungan Pemko setempat. Formasi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang begitu megah pun, kini hanya dilakukan oleh 3 orang. Hal itu karena Pemko menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaan upacara tersebut. Meski begitu, upacara peringatan hari kemerdekaan ini berlangsung khidmat. Semua peserta maupun tamu undangan juga disiplin memakai masker. Posisi berdiri dan kursi tempat duduk telah diatur dengan jarak 1 meter.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin bertindak selaku inspektur upacara dan menyampaikan amanat serta sambutan Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran. Ia berharap tingkat keamanan di Kota Cantik ini bisa lebih dimaksimalkan. Saat ini keamanan menjadi salah satu elemen penting yang perlu ditingkatkan di tengah pandemi Covid-19.

“Saat ini keamanan bukan hanya menjaga agar tidak terjadi keributan dan melakukan pencegahan kepada masyarakat supaya tidak melakukan tindak pidana hukum saja. Namun saat ini menjaga ke amanan masyarakat ditengah umum agar tidak terpapar Covid-19 juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan,” ujarnya.

Maka itu, Pemko melalui Tim Satgas Covid-19 Kota, katanya, selalu menggandeng pihak TNI dan Polri dalam kegiatannya yang merupakan salah satu bentuk sinergi antara Pemko dan pihak TNI-Polri, dengan harapan bisa meningkatkan tingkat keamanan di Kota Cantik.

“Saya atas nama pribadi dan Pemko Palangka Raya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, semoga pandemi Covid-19 bisa berakhir dan perekonomian di Indonesia bisa kembali pulih,” tukasnya.

Setelah melaksanakan, rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan RI kembali dilanjutkan dengan peresmian serta penandatanganan prasasti patung pahlawan nasional Tjilik Riwut oleh Fairid didampingi oleh Wakil Wali Kota Hj Umi Mastikah dan perwakilan keluarga Tjilik Riwut.

“Peresmian prasasti ini sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kita kepada beliau atas perjuangannya untuk kemerdekaan bangsa dan secara khusus untuk kemajuan Kalteng,” ucap Fairid.

Dijelaskannya, Tjilik Riwut dikenal sebagai tokoh perjuangan yang dengan bangga selalu menyatakan diri sebagai “orang hutan” karena lahir dan dibesarkan di belantara Kalimantan. Perjalanan dan perjuangannya disampaikan Fairid kemudian melampaui batas-batas kesukuan untuk menjadi salah satu pejuang bangsa dan bentuk pengabdiannya untuk membangun Kalteng.

Selanjutnya, juga dilaksanakan acara seremonial berupa penyerahan sejumlah penghargaan. Di antaranya penghargaan kepada atlet menembak nasional asal Kota Cantik, kemudian penyerahan SK Wali Kota kepada dua Kelurahan Bersinar yakni Kelurahan Langkai dan Pahandut, penghargaan kepada Tim Satgas Covid-19 Kota, penghargaan Sensus Penduduk 2020 dari BPS RI kepada Pemko, dan penyerahan secafa simboli masker kepada Kapolresta, Dandim dan Ketua PKK Kota Palangka Raya. rgb

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas