Upacara HUT RI, Gubenur: Perkokoh Persatuan dan Kesatuan

  • Whatsapp
Upacara HUT RI, Gubenur: Perkokoh Persatuan dan Kesatuan
TABENGAN/YULIANUS PERSATUAN - HUT RI - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran selaku inspektur upacara dalam peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Palangka Raya, Senin (17/8)
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kendati masih dalam kondisi Pandemik Covid 19 saat ini, peringatan HUT ke 75 RI di Kalteng berlangsung kondusif serta lancar. Melalui penerapan protokol kesehatan, upacara bendera menyangkut peringatan kemerdekaan RI di Kantor Gubernur Kalteng, dilakukan sesuai prosedur serta aturan yang berlaku, Senin (17/8).

Kegiatan itu sendiri dipimpin secara langsung Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, yang menjadi Inspektur Upacara (Irup). Peserta yang hadir dalam pelaksanaan tersebut seperti unsur TNI, Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemprov Kalteng. Untuk Paskibraka yang baru saja dikukuhkan belum lama ini, telah melaksanakan tugas sesuai harapan.

Walaupun jumlahnya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya sebagai dampak dari Covid 19 saat ini, para Paskibraka yang berjumlah enam orang itu (Tim A dan Tim B) mampu bertugas dengan baik. Terkait itu, Irup Sugianto Sabran menuturkan, upacara bendera kemerdekaan HUT RI tersebut dilaksanakan secara sederhana.

“Sederhana namun tanpa mengurangi makna strategis dan nilai esensial yang terkandung, dalam peringatan hari bersejarah kemerdekaan RI,” ujarnya disela-sela kegiatan tersebut. Dirinya mengakui, memang peringatan HUT RI di tahun ini dirasakan berbeda, dibanding tahun sebelumnya.

Apalagi upacara itu, ucapnya, akan tercatat dimana memperingati hari kemerdekaan dalam suasana keprihatinan yang mendalam, akibat Pandemik Covid 19. Yang terpenting saat ini, jelasnya, adalah segenap daya serta upaya yang dikerahkan, melalui dukungan pendanaan yang besar. Hal itu juga terintegrasi hingga melibatkan seluruh stakeholder serta lintas elemen masyarakat, dalam pengendalian penyebaran Covid 19.

Dirinya menjelaskan, tema di tahun ini adalah Indonesia Maju sebagai representasi dari Pancasila, sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Ini merupakan sebuah simbolis dari Indonesia, yang mampu memperkokoh kedaulatan serta persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar pria murah senyum tersebut.

Sugianto juga menyampaikan, makna kemerdekaan disaat ini tidak hanya sebagai kata kemerdekaan adalah kesempatan. Intinya hal itu sebagai kesempatan untuk bermimpi yang menjadi sebuah kenyataan bahkan kesempatan, demi berkarya tanpa batas. Terkait itu Gubernur Kalteng mengajak agar fokus terhadap persoalan yang penting, dalam penyatuan keberagaman. Hal itu dilaksanakan melalui kolaborasi, untuk memperkenalkan jati diri bangsa.

“Kita juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Forkopimda Kalteng, atas sinergi serta kerja samanya, dalam pemberantasan kejahatan narkoba, sehingga bisa mengurangi tingkat peredarannya di Kalteng,” pungkasnya.drn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas