Jelang Pilgub Kalteng, Fordayak Pulpis Minta Damang dan Mantir Adat Jaga Netralitas

  • Whatsapp
Jelang Pilgub Kalteng, Fordayak Pulpis Minta Damang dan Mantir Adat Jaga Netralitas
iklan atas

PULANG PISAU/tabengan.com – Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Tengah tahun 2020, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Pemuda Dayak (Fordayak) Kabupaten Pulang Pisau mengharapkan bisa berjalan dengan aman dan demokratis.

“Kita berharap, pada Pilgub 2020 ini berjalan aman dan damai, tidak ada ujaran kebencian dan fitnah. Semua pendukung berproses sesuai undang-undang dan aturan yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU),” ujar Ketua DPD Fordayak Pulpis Diharyo melalui Wakil Ketua DPD Fordayak Pulpis Endang Heriadi, Sabtu (15/8/2020).

Bagi masyarakat Kalteng  khususnya di Bumi Handep Hapakat julukan Kabupaten Pulpis, kata Endang Heriadi, dalam suasana pandemi dan Pilgub ini bisa menjaga kondisi yang aman, sehingga suasana tetap kondusif dan tetap taat pada protokol kesehatan Covid-19.

“Kepada Damang dan Mantir kiranya bisa menjaga netralitas sebagai lembaga adat. Masyarakat Kalteng begitu beragam suku dan agamanya, sehingga jika secara terbuka tidak netral, maka potensi benturan di akar rumput sangat mungkin terjadi,” ucapnya.

Dalam hal ini Fordayak, lanjut Endang Heriadi, secara kelembagaan akan netral dan mempersilakan untuk menentukan pilihannya secara demokratis. c-mye

iklan atas

Pos terkait

iklan atas