Anggota Sindikat Maling Sarang Walet Diadili

  • Whatsapp
palu
Ilustrasi
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Eliansyah alias Eli kini menjadi terdakwa perkara pencurian dalam sidang Pengadilan Negeri Palangka Raya.

“Eli bersama rekannya yang kini buron membobol gedung sarang walet dan berhasil mengambil sekitar enam kilogram sarang,” ungkap Humas Pengadilan Negeri Palangka Raya, Zulkifli, Jumat (14/8/2020). Mirisnya, Eli yang merupakan penjaga bangunan walet justru ikut berperan besar dalam aksi pencurian sarang yang terbuat dari liur burung tersebut.

Perkara berawal ketika Eli didatangi Andi yang mengajaknya mencuri sarang burung walet di Jalan Banteng XII Kota Palangka Raya, Rabu (15/4/2020). Andi kemudian keluar lalu kembali dengan membawa Rian dan Andrew.

Eli yang memegang kunci kemudian membuka pintu ruang kontrol. Rian pergi ke dapur rumah dan mengambil sebilah pisau meminjam senter kepala dari Eli.

Andi, Rian, dan Andrew kemudian masuk ke dalam ruang kontrol lalu mencongkel gembok pintu menggunakan sekop untuk masuk bangunan sarang.

Mereka kemudian mengambil sejumlah sarang burung walet, sedangkan Eli menunggu di rumah jaga sebelah gedung walet itu sembari mengawasi lingkungan sekitar selama pencurian berlangsung.

Ketiga rekan Eli yang sudah berhasil mengambil beberapa kilogram sarang lalu keluar dan menyatakan akan membagi hasil setelah sarang berhasil dijual.

Dua hari kemudoam ketiganya datang kembali lalu memberikan uang Rp150.000,- pada Eli sebagai upah. Perbuatan mencuri sarangbitu sempat mereka lakukan lagi dengan modus yang sama dan Eli mendapat bagian Rp100.000,-.

Tapi perbuatan tersebut akhirnya diketahui oleh pemilik bangunan walet tersebut yang akhirnya melapor ke pihak kepolisian.

Setelah melakukan penyelidikan, Polisi akhirnya mengamankan Eli sebagai pelaku, sedangkan tiga rekannya berhasil kabur dan hingga kini masih buron. Dalam persidangan, Jaksa Penuntut Umum menjerat Eli dengan ancaman pidana dalam Pasal 363 ayat 1 ke-4 dan ke-5 KUHPidana. dre

iklan atas

Pos terkait

iklan atas