Gaji di Bawah Rp5 Juta Dapat Subsidi

  • Whatsapp
Gaji di Bawah Rp5 Juta Dapat Subsidi
Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Palangka Raya Royyan Huda saat menyosialisasikan Program Bantuan Subsidi Gaji Peserta BPJamsostek, Jumat (7/8). TABENGAN/DANIEL
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) melakukan sosialisasi program bantuan subsidi gaji kepada masyarakat di area Pasar Tani Berkah, di halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat (7/8).

Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Palangka Raya Royyan Huda menyampaikan, pemerintah sedang memfinalisasi skema dan kriteria bantuan subsidi gaji berdasarkan data kepesertaan dari BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) dan lembaga lainnya.

“Data yang disampaikan BPJamsostek kepada pemerintah merupakan data peserta aktif dengan upah di bawah Rp5 juta, berdasarkan upah pekerja yang dilaporkan dan tercatat di BPJamsostek,” ungkap Royyan.

Menurutnya, saat ini BPJamsostek dalam proses mengumpulkan data nomor rekening peserta yang memenuhi kriteria dimaksud melalui Kantor Cabang BPJamsostek di seluruh Indonesia.

“Diharapkan pemberi kerja (perusahaan) dan tenaga kerja ikut proaktif menyampaikan data nomor rekening dimaksud sesuai skema dan kriteria pemerintah,” imbuhnya.

Royyan menegaskan, bantuan subsidi gaji tersebut merupakan salah satu nilai tambah terdaftar sebagai peserta aktif BPJamsostek.

“Selain mendapatkan perlindungan dari risiko kerja dalam bentuk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kematian (JKm),” ujarnya.

Namun, lanjut Royyan, yang perlu diingat program tersebut hanya untuk karyawan swasta dan statusnya adalah Pekerja Penerima Upah (PU) dan bukan Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU).

“Bukan pegawai ASN dan pegawai BUMN yang berhak menerima bantuan subsidi gajinya dan pekerjanya harus pekerja Penerima Upah (PU) dan bukan pekerja Bukan Penerima Upah (BPU),” terangnya. dsn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas