Berkah Panen Ikan Usai Banjir Lamandau

  • Whatsapp
Berkah Panen Ikan Usai Banjir Lamandau
Warga Kelurahan Tapin Bini, Kabupaten Lamandau panen ikan pasca-banjir.
iklan atas

Tabengan.com – Musibah banjir yang melanda wilayah Kabupaten Lamandau, beberapa waktu lalu, merupakan banjir terparah sejak kabupaten ini berdiri. Bahkan, ribuan warga terpaksa harus mengungsi lantaran rumahnya terendam banjir.

Namun, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, setelah banjir berlalu, ada berkah tersendiri bagi warga yang tinggal di daerah hulu sungai. Misalnya, di wilayah Kelurahan Tapin Bini, Kecamatan Lamandau, warga menyebut setelah banjir, maka saatnya panen ikan mudik.

“Ya, meski tidak sebanyak beberapa hari yang lalu, sekarang ikannya masih tetap ada. Panen ikan ini tentu menjadi berkah setelah bencana banjir melanda daerah kami beberapa waktu lalu,” ucap Indra Yudi, Lurah Tapin Bini.

Diakuinya, selain menggunakan jaring, ada cara lain untuk menangkap ikan, yakni dengan menggunakan jala.

“Kemarin pas ikannya lagi banyak, sekali lempar jala bisa dapat hampir 20 kilo,” ucapnya.

Kalau jenis ikannya, lanjut dia, ada macam-macam mulai dari ikan seluang, langguwaran, siba, siput, parau, kadadiut sampai ikan rarait.

“Kalau ada yang beli, ya langsung kita jual. Tetapi kalau tidak, kita buat ikan kering (ikan asin). Dengan begitu ikan akan tahan agak lama,” ujarnya.

Belum lama ini, Bupati Lamandau H Hendra Lesmana didampingi sang istri serta Sekda Lamandau Irwansyah juga datang ke Kelurahan Tapin Bini untuk merasakan langsung sensasi menangkap ikan sungai menggunakan jala. c-kar

iklan atas

Pos terkait

iklan atas