Perdie Teken MoU dengan BPKP

  • Whatsapp
Perdie Teken MoU dengan BPKP
Bupati Mura Perdie M Yoseph saat penandatangan nota kesepakatan (MoU) dengan BPKP perwakilan Kalteng.
iklan atas

PURUK CAHU/tabengan.com – Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph dalam rangka menciptakan iklim pemerintahannya yang bersih dan akuntabilitas melakukan penandatanganan (MoU) dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Kalteng, Rabu5/8) di Palangka Raya.

Perdie hadir didampingi oleh Sekda Hermon dan beberapa petinggi di lingkup Pemkab Mura.

Tertuang dalam MoU poin penting yang menjadi acauan diantaranya meliputi Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah, Peningkatan Kompetensi dan Kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM), Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), Tata Kelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan Bantuan Penjaminan dan Konsultansi lainnya (Assurance and Consulting) yang diperlukan sesuai kebutuhan yang muaranya adalah perwujudan tata kelola pemerintahan yang baik.

Diinformasikan Perdie bahwa Nota kesepahaman yang ditandatangani tidak hanya mencakup pengelolaan keuangan daerah saja. Namun juga upaya peningkatan kapasitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) daerah dan upaya lain untuk mewujudkan tata kelola good goverment.

Lebih lanjut Perdie menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada BPKP, yang mengawal Pemkab Mura, yang secara bertahap sedang melangkah menuju pengelolaan daerah yang transparan dan akuntabel.

Kemudian lebih dari pada itu, implementasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan, sangat membantu Pemkab Mura. SIMDA Keuangan tersebut, membantu mulai dari perencanaan APBD yang tepat waktu, dan proses penyusunan laporan keuangan.

SIMDA Barang Milik Daerah (BMD) diimplementasikan untuk membangun database pengelolaan BMD. SIMDA tidak terbatas sebagai alat bantu untuk penyusunan APBD dan penyusunan LKPD, namun juga sebagai alat untuk memonitor penyerapan anggaran sebagai tolak ukur kinerja pemda.

SIMDA BMD dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan anggaran yang terbatas, dan membantu merencanakan pengadaan belanja modal. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi Pemkab Mura yang cukup menggembirakan, bupati menyambut positif adanya aplikasi SIMDA Pendapatan yang dapat membantu pemda dalam mengoptimalkan pengelolaan pendapatan daerah.c-sjs

iklan atas

Pos terkait

iklan atas