Harmain: Kita Tidak Ada Meminta Penambahan Anggaran

  • Whatsapp
Harmain: Kita Tidak Ada Meminta Penambahan Anggaran
Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrahim
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah (Kalteng) Harmain angkat bicara, terkait dengan adanya permintaan penambahan anggaran oleh KPU Kalteng untuk pelaksanaan dan suksesi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di Kalteng.

Dijelaskan Harmain, informasi terkait dengan penambahan itu sangat membingungkan. Sebab KPU Kalteng tidak pernah sekalipun mengajukan permintaan penambahan anggaran untuk pelaksanaan pilkada. Sejauh ini, anggaran yang digunakan sesuai dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang diserahkan Pemerintah Provinsi Kalteng Rp249.796.238.000.

Anggaran yang sudah disetujui itu, lanjut Harmain, akan disalurkan dalam 3 tahap. Tahap I Rp12,5 miliar diserahkan tahun 2019, Tahap II Rp94,9 miliar lebih diserahkan pada Februari 2020, dan Tahap III Rp 142,3 miliar yang diserahkan pada 8 Juli 2020. Ini adalah anggaran yang sudah disetujui, dan dipergunakan KPU Kalteng dalam melaksanakan pilkada serentak.

“KPU Kalteng tidak pernah mengusulkan tambahan anggaran ke pemerintah daerah, baik untuk pelaksanaan pilgub 2020 dengan protokol Covid-19. Semuanya memaksimalkan anggaran sesuai NPHD awal Rp249 miliar lebih, tidak ada pengajuan tambahan,” kata Harmain, di Palangka Raya, Kamis (6/8).

Sementara, kata Harmain, kondisi sekarang ini masih pandemi Covid-19, KPU bersama dengan jajaran dalam melaksanakan tugas tetap mengedepankan protokol kesehatan. Seluruh tahapan harus menerapkan protokol kesehatan. Petugas di lapangan dibekali dengan alat pelindung diri (APD) standar, seperti masker, sarung tangan, penutup wajah, hand sanitizer. Sebelum turun melaksanakan tugas seperti petugas pemutakhiran data pemilih, mereka sudah di-rapid test terlebih dahulu dengan hasil non reaktif.

Dia menambahkan, anggaran APD dan protokol Covid-19 berasal dari APBN, yang diajukan oleh KPU RI kepada pemerintah pusat. KPU Kalteng juga merasionalisasikan dan memaksimalkan dari dana NPHD yang ada, tanpa meminta tambahan kepada Pemprov. ded

iklan atas

Pos terkait

iklan atas