Gubernur Instruksikan Daerah Adakan Mesin PCR

  • Whatsapp
Gubernur Instruksikan Daerah Adakan Mesin PCR
H Sugianto Sabran
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menginstruksikan kabupaten/kota untuk mengupayakan prioritas pengadaan mesin polymerase chain reaction (PCR) beserta alat laboratorium. Pasalnya kedua fasilitas tersebut masih minim di beberapa daerah. Padahal, keberadaannya dinilai penting menyangkut keperluan medis.

“Ini sangat penting dalam upaya keperluan medis, khususnya penanganan Covid-19 yang kita ketahui terus melonjak di setiap harinya,” ujarnya belum lama ini.

Terkait lonjakan kasus positif tersebut, ia juga menginstruksikan pemkab maupun pemkot, untuk terus meningkatkan kapasitas rumah sakit.

Disamping itu juga jelas perlunya pengendalian laju angka penularan Covid-19 di lapangan. “Saat ini jumlah alat PCR yang operasional di rumah sakit pemerintah daerah, khususnya kabupaten/kota, dapat dikatakan lebih dari cukup,” ujarnya.

Kendati begitu, demi memaksimalkan percepatan pemeriksaan swab, pihaknya berharap agar kabupaten yang belum memiliki peralatan tersebut, dapat melakukan pengadaan. Intinya melalui PCR, maka pemeriksaan specimen akan lebih cepat, yang nantinya dapat membantu penanganan kesehatan berkaitan dengan kasus positif Covid 19.

Selain itu, kabupaten maupun kota juga didorong dalam melaksanakan percepatan serapan stimulus penanganan Covid-19. Seperti anggaran refocusing dan lainnya yang sudah dicadangkan untuk penanganan, terkait penyerapannya mesti ditingkatkan.

“Maka dengan begitu, anggaran belanja pemerintah daerah untuk percepatan penyerapannya dapat dilaksanakan. Sehingga, perputaran ekonomi masyarakat bisa terjadi,” jelasnya.

Namun di sisi lainnya, Sugianto mengharapkan perlunya kepatuhan serta mentaati protokol kesehatan. Apalagi hingga saat ini vaksin yang diharapkan masih belum ditemukan, sehingga hal tersebut menjadi kewajiban. drn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas