Desa Trahean Barut Juara Lomba Perpustakaan Umum

  • Whatsapp
Desa Trahean Barut Juara Lomba Perpustakaan Umum
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com- Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng menggelar lomba perpustakaan umum desa/kelurahan, untuk tingkat provinsi. Hasilnya Desa Trahean di Kabupaten Barito Utara (Barut) mendapatkan juara terbaik dengan nilai 498,5. Selain itu untuk juara ke II jatuh pada Desa Tambun Raya Kabupaten Kapuas disusul juara ke III yaitu Desa Danau Sadar, Barsel.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng Susana Ria Aden menuturkan, beberapa desa lain yang juga mendapatkan predikat perpustakaan umum terbaik seperti Hanjak Maju Pulang Pisau, Tangkiling Palangka Raya dan Desa Bayat Lamandau.
Kegiatan ini dilaksanakan untuk penilaian pada 30 Juni dan 1 Juli beberapa waktu lalu, dimana telah ditetapkan beberapa desa/kelurahan yang terbaik untuk perpustakaan umum, ujarnya kepada Tabengan ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (3/8).
Disebutkannya untuk sistem penilaian sendiri, tim dari dewan juri menggunakan dua konsep yaitu secara langsung di lapangan serta lingkup internal kantor. Untuk penilaian di lapangan, tim juri berkunjung ke perpustakaan desa/kelurahan terkait dan dilakukan penilaian di wilayah tersebut. Lalu pada lingkup internal, tim juri melakukan diskusi bersama untuk menentukan serta memberikan penilaian kepada peserta.
Tim di lapangan melakukan penilaian ke desa/kelurahan pada 3-16 Juni beberapa waktu lalu dan juga ada penilaian di lingkup kantor kita untuk menentukan nilai maupun yang terbaik, ujar wanita murah senyum tersebut. Terkait itu dirinya berharap melalui kegiatan itu, mampu meningkatkan minat baca serta mengoptimalkan budaya gemar membaca di kalangan masyarakat.
Yang terpenting, ucap dia, adalah juga mesti berdampak ada anak-anak sejak dini, untuk terus memberikan motivasi dalam membaca.drn/brb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas