Pendapatan Menurun, UMKM Ngeluh ke Kadin Pimpinan Sancho

  • Whatsapp
Pendapatan Menurun, UMKM Ngeluh ke Kadin Pimpinan Sancho
Ketua Kadin Kalteng Christian Sancho bersama jajarannya menyerahkan bantuan sembako kepada penjual buah-buahan di Palangka Raya, Rabu (29/7). LIU
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang diketuai Christian Sancho menunjukkan perhatiannya kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kota Palangka Raya dalam masa pandemi Covid-19 ini dengan membagikan sembako pada Rabu (29/7). Sembako yang dibagikan berasal dari anggaran yang disumbang secara sukarela para pengurus juga sumbangan mitra di pemerintahan.

Selain pelaku UMKM sembako juga dibagikan kepada sejumlah petani buah dan sayuran yang ada di kereng Bangkirai. Usai menyerahkan bantuan, Sancho bersama jajarannya tidak langsung bergegas pergi, namun meluangkan waktunya untuk mendengarkan langsung keluh kesah dari pelaku UMKM yang ditemuinya itu.

“Banyak keluhan yang kami dengar itu, selama ini tidak tahu adanya Kadin, yang tahu juga mengatakan apa yang bisa Kadin bantu kami. Jadi kendala dari pelaku UMKM ini yang saya lihat itu dari segi permodalan, kemudian pendapatan menurun karena daya beli masyarakat berkurang semenjak ada wabah Covid-19 ini,” kata Sancho, Kamis (30/7/2020).

Melihat kendala yang dialami UMKM ini, Sancho memberikan semangat dan motivasi agar mereka tidak menyerah dengan keadaan, semua mengalami kesulitan setelah adanya wabah Covid-19, termasuk para pengusaha menengah ke atas. Ke depan pihaknya akan menjembatani, sebagai motor penggerak semua pelaku UMKM dengan pemerintah dan koordinasi dengan perbankan yang ada terkait permodalan.

Selain itu, sudah ada pembicaraan dengan mitra di pemerintah, jika ke depannya ada pelatihan maupun pembinaan UMKM, bisa melibatkan Kadin yang ada sekarang yang arahnya ke UMKM, sehingga lebih menyentuh ke pelaku UMKM karena selama ini penyaluran bantuan maupun lainnya tidak menyentuh mereka langsung.

Kadin versi Eddy Ganefo dengan jargon UMKM naik kelas ini, memiliki program sertifikat halal, yang lebih kepada kebersihan, bersih pada saat pembuatan sampai penjualan. Sehingga produk yang dihasilkan layak dikonsumsi. Rencananya program kerja jangka pendek, pemantapan kepengurusan Kadin di 14 kabupaten/kota. Setelah itu menyusun program kerja jangka panjang yang arahnya mangakomodir semua UMKM yang ada di daerah masing-masing. yml

iklan atas

Pos terkait

iklan atas