Gubernur: Kembangkan Hand Sanitizer dari Bahan Pertanian

  • Whatsapp
Gubernur: Kembangkan Hand Sanitizer dari Bahan Pertanian
Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Dengan terjadinya pandemi Covid-19 saat ini, maka keberadaan hand sanitizer dan disinfektan sangat diperlukan masyarakat. Dinas terkait pun didorong untuk mengembangkan hand sanitizer dan disinfektan yang berasal dari bahan-bahan pertanian.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, saat launching Pasar Tani Berkah, di lingkungan Kantor Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalteng, baru-baru ini, mengharapkan pembuatan atau pengembangan hand sanitizer dan disinfektan yang bahan-bahanya berasal dari bahan petani.

Karena dia menilai, hand sanitizer dan disinfektan tersebut dapat dibuat dari bahan-bahan pertanian dan bahan-bahan tersebut dinilai cukup banyak ditemukan di sektor pertanian.

“Di masa pendemi Covid-19 saat ini, ini (hand sanitizer dan disinfektan) sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu, ia mendorong Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kalteng bekerja sama dengan dinas/instansi terkait lainnya untuk mengembangkan hand sanitizer dan disinfektan tersebut dari bahan-bahan pertanian.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengingatkan masyarakat agar disiplin melaksanakan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker ke mana saja, jaga jarak di mana, hindari kerumunan, rajin cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun dan sebagainya.

“Laksanakan protokol kesehatan, agar mencegah penukaran. Agar tidak tertular atau menularkan. Kita harus disiplin,” tegasnya. dkw

Pos terkait