Tak Penuhi Syarat, Yoyo-Madi Kandas di Pilkada Kotim

  • Whatsapp
Tak Penuhi Syarat, Yoyo-Madi Kandas di Pilkada Kotim
Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih ketika menyerahkan berita acara Selasa malam. ISTIMEWA
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com – Jalan pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Yoyo Sugeng Triyogo dan Rusmadi Abdullah untuk mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati 2020 akhirnya kandas. Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotim menyatakan berkas syarat dukungan perbaikan yang diserahkan tidak memenuhi syarat, Selasa (28/7/2020) malam.

Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih mengatakan, berdasarkan hasil pengecekan, dukungan bakal pasangan calon perseorangan tidak memenuhi syarat dukungan dan sebaran. Sehingga dokumen dukungan bakal pasangan calon perseorangan yang diajukan ditolak.

“Hasil pengecekan jumlah dan sebaran, jumlah dokumen yang lengkap 15.363 dan jumlah dokumen yang tidak lengkap 1.116 dukungan. Sehingga masih ada kekurangan sebanyak 357 dukungan sehingga tidak memenuhi syarat dan dokumen ditolak,” ujarnya Rabu (29/7/202).

Dengan adanya kekurangan tersebut, Siti menegaskan pasangan Yoyo-Madi tidak akan bisa mengikuti tahapan selanjutnya dalam Pilkada Kotim.

Sementara itu kegiatan penyerahan hasil pengecekan saat itu tanpa kehadiran pasangan Yoyo Sugeng Triyogo dan Rusmadi Abdullah maupun timnya. Siti Fathonah menegaskan KPU sudah mengundang pasangan yang disebut Yoyo-Madi, namun pasangan itu maupun timnya tidak ada hadir dan belum bisa dihubungi.Meski begitu kegiatan yang dihadiri Ketua Bawaslu Kotim, Muhammad Tohari dan anggotanya, tetap berjalan. Siti Fathonah juga menyerahkan berita acara hasil pengecekan tersebut kepada Bawaslu disaksikan sejumlah pihak yang hadir. c-may

iklan atas

Pos terkait

iklan atas