Protokol Covid-19, Fairid: Daging Kurban Dibagikan Door to Door

  • Whatsapp
Protokol Covid-19, Fairid: Daging Kurban Dibagikan Door to Door
Fairid Naparin
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, pihaknya memperbolehkan masyarakat merayakan Idul Adha dengan melakukan pemotongan hewan kurban di tengah pandemi Covid-19. Namun, tetap memerhatikan dan menerapkan protokol kesehatan.

Yang terpenting, kata Fairid, diimbau untuk tidak datang dan berkerumun ke tempat pemotongan hewan kurban guna mencegah potensi terjadinya penularan infeksi saluran pernapasan akibat virus Covid-19.

“Saya ingatkan agar tidak ada orang yang datang, berkerumun, dan bergerombol pada saat pemotongan dan pembagian hewan kurban nanti. Cukup para panitia dan petugas pemotong hewan yang hadir, masyarakat cukup di rumah,” kata Fairid usai mengikuti kegiatan di Balai Kota Palangka Raya, Selasa (28/7).

Pembagian hewan kurban, lanjut Fairid, hendaknya dilakukan secara door to door atau dari pintu ke pintu tiap rumah masyarakat. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu datang ke tempat pemotongan.

Lebih lanjut dikatakan, Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Tim Gugus Tugas Covid-19 akan melakukan sosialisasi terkait prosedur yang wajib dipatuhi saat menggelar pemotongan hewan kurban di tengah pandemi Covid-19.

Terutama Unit Reaksi Cepat Divisi Asistensi dan Pengawasan Protokol Kesehatan melakukan sosialisasi hampir di seluruh masjid, untuk memastikan apakah mereka bisa menggelar salat Hari Raya Idul Adha ataupun pemotongan hewan kurban, serta tetap berkoordinasi dengan tim gugus.

“Juga kita meminta masyarakat untuk memahami, bahwa pembagian secara door to door nanti demi kepentingan kita bersama,” tegasnya.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) RI menyelenggarakan sidang isbat untuk menetapkan awal Zulhijah 1441 Hijriah. Hari Raya Idul Adha atau kurban yang jatuh pada 10 Zulhijah 1441 H bertepatan tanggal 31 Juli 2020. rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas