Sempat Dirawat Sehari, Warga Serahkan Kukang ke BKSDA

  • Whatsapp
Sempat Dirawat Sehari, Warga Serahkan Kukang ke BKSDA
Seorang warga saat menyerahkan satwa dilindungi yaitu kukang ke BKSDA Pos Sampit. ARBIT SAFARI

SAMPIT/tabengan.com- Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit menerima penyerahan seekor satwa liar yang dilindungi yaitu kukang (Nycticebus borneanus) dari seorang warga, Senin (27/7/2020). Saat diserahkan, kondisi badan kukang kurus.

Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah mengungkapkan, satwa dilindungi tersebut diserahkan oleh Ida Rahmadhanniati, staf di KPU Kabupaten Kotawaringin Timur. Lokasi penyerahan di Perum Tidar 6, Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotim.

“Dari keterangan Ida, kukang tersebut diberi warga kepada ayahnya yang bekerja di kantor Kelurahan Baamang Hulu. Sempat dirawat semalam, karena mengetahui kalau kukang termasuk satwa liar yang dilindungi undang-undang, Ida menghubungi pihak BKSDA Pos Sampit untuk menyerahkan Kukang tersebut,” jelas Muriansyah.

Saat ini, lanjut Muriansyah, kukang diamankan di kediamannya. Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat yang masih memiliki atau memelihara satwa yang dilindungi agar segera menyerahkannya kepada BKSDA. Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada masyarakat yang secara sukarela sudah menyerahkan satwa dilindungi yang mereka miliki ke BKSDA.

Sebelumnya warga masyarakat di Kecamatan Kotabesi Kotim juga menyerahkan satwa dilindungi yaitu seekor anak orangutan, yang ditemukan warga terjatuh dari pohon saat akan memancing. c-arb

Pos terkait