Kapuas Membara, Hanguskan 8 Rumah, 1 Gedung Walet

  • Whatsapp
Kapuas Membara, Hanguskan 8 Rumah, 1 Gedung Walet

KUALA KAPUAS/tabengan.com – Keheningan malam di Desa Dadahup, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, pecah. Suara pukulan lonceng dan teriakan warga yang meminta tolong ada kobaran api, membangunkan penduduk desa yang sebagian besar sudah tertidur pulas, Senin (27/7) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB.

Hitungan menit, semua warga berhamburan keluar rumah. Secara spontan mereka bersama-sama berupaya mendatangi lokasi kebakaran di RT 11 Desa Dadahup, guna menolong dan berupaya memadamkan kobaran api yang membara.

Namun, karena api sudah cukup besar, ditambah rapatnya bangunan, apalagi konstruksi rumah terbuat dari bahan yang mudah terbakar yaitu kayu, api leluasa melahap beberapa bangunan rumah warga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga menjelaskan, akibat kebakaran tersebut, setidaknya ada 9 bangunan yang terbakar dengan rincian 8 buah rumah dan 1 bangunan sarang walet. Korban terdampak sebanyak 13 kepala keluarga (KK) dengan 40 jiwa.

“Kerugian materil akibat musibah ini ada 8 unit rumah terbakar, dan satu unit bangunan sarang walet kondisinya hangus. Sementara untuk penyebabnya masih dalam penyelidikan pihak kepolisian,” ungkap Sinaga.

Dari laporan awal, terang Sinaga, musibah kebakaran terjadi sekitar pukul 01.30 WIB dan api baru dapat dipadamkan oleh beberapa relawan BPK swasta dan Pemkab Kapuas setelah 2 jam api berkobar. c-yul

Pos terkait