Prakiraan Cuaca, Banjir Kobar dan Lamandau Potensi Turun

  • Whatsapp
Prakiraan Cuaca, Banjir Kobar dan Lamandau Potensi Turun
Ilustrasi
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palangka Raya memprakirakan cuaca di Kabupaten Lamandau dan Kotawaringin Barat (Kobar) selama 3 hari ke depan berawan. Tidak saja berawan, cuaca di kedua wilayah tersebut hanya akan dilalui oleh hujan dengan intensitas ringan.

Prakirawan On Duty BMKG Palangka Raya Rahmat Alfandy menyampaikan, 3 hari ke depan kondisi cuaca di Lamandau dan Kobar diprakirakan berawan. Memang ada terjadi hujan dengan intensitas ringan. Hujan yang terjadi berlangsung pada pagi dan siang hari. Bahkan, ada yang terjadi hanya pada siang atau pagi hari.

Pada Rabu (29/7), kata Rahmat, kondisi cuaca di kedua kabupaten itu bahkan tergolong cerah atau tidak ada hujan sama sekali. Cuaca hanya sedikit berawan dan mendung. Namun demikian, masyarakat diminta untuk tetap waspada, mengingat yang terjadi sekarang ini adalah masih dalam fase peralihan. Bukan tidak mungkin dapat terjadi hal-hal yang di luar dari prakiraan.

Lanjut Rahmat, potensi hujan menjadi salah satu faktor yang membuat terjadinya banjir. Faktor lain yang juga berpengaruh adalah drainase, kondisi daerah yang berada di dataran rendah atau tidak dan lainnya.

Bila mengacu pada cuaca, dilihat dari potensi hujan, diprakirakan seminggu ke depan cuacanya akan berawan-hujan ringan, maka potensi banjir juga menurun. Tapi masih tetap perlu diwaspadai potensi hujan lokal dengan intensitas sedang-lebat yang sifatnya lokal (dalam waktu singkat dan luasan kecil)

“Justru kewaspadaan diberikan kepada masyarakat yang ada di wilayah Barito seperti Kabupaten Murung Raya, dan Barito Utara, juga Katingan, Gunung Mas, serta Palangka Raya. Cuaca di beberapa wilayah ini diprakirakan masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang sampai lebat,” kata Rahmat, perihal prakiraan cuaca di Kalteng selama 3 hari ke depan, Senin (27/7).

Dia lanjutkan, kewaspadaan diberikan kepada beberapa daerah tersebut karena hujan tidak saja turun dengan intensitas sedang sampai lebat, tapi disertai juga dengan angin kencang dan petir. Bagi mereka yang tinggal di wilayah perairan selatan Kalteng untuk dapat berhati-hati saat pergi melaut. Sebab potensi tinggi gelombang mencapai 1-2 meter. ded

iklan atas

Pos terkait

iklan atas