Belum Ada Rekom, Parpol Masih Saling Intip

  • Whatsapp
Belum Ada Rekom, Parpol Masih Saling Intip
Farid Zaky Yopiannor

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020, partai politik (parpol) sudah mengeluarkan rekomendasi bagi beberapa bakal calon di sejumlah daerah. Namun, hingga kini untuk bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, tak satu pun parpol mengumumkan figur yang akan diusung.

Akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) Farid Zaky Yopiannor menilai, parpol belum mengeluarkan rekomendasi karena saling menunggu, melihat siapa figur yang diusung. Karena parpol masih sangat memperhitungkan, figur yang benar-benar tepat untuk diusung dalam Pilgub nanti.

“Yang dicari sosok yang mampu memoderasi jalan tengah, yang bisa mengendalikan barat hingga timur, makanya rekomendasi masih wait and see,” kata Farid yang juga Koordinator Gugus Kendali Mutu (GKM) Fisipol UMP, Selasa (21/7).

Menurut Farid, mitologi politik di Kalteng kuat sekali. Oleh sebab itu, parpol mencari sosok seperti Avatar yang bisa mengendalikan mata angin. Makanya parpol masih saling mengintip. Bahkan, ia yakin, banyak survei pasangan calon yang bongkar pasang dengan adanya pandemi Covid-19 ini karena pangsa pasar berubah.

Apalagi dengan retaknya pasangan Sohib, tentu saja ini memicu strategi penantang untuk berkontraksi. Pasalnya, bagi penantang momentum 2020 ini kans untuk bisa merebut kendali. Petahana pasti mempunyai peluang kemenangan tersendiri. Tetapi para penantang juga sangat bergairah untuk bisa mengalahkan petahana.

“Sedangkan bagi petahana sendiri, tak bisa dipungkiri, tentu saja elektoralnya berkurang, karena Habib mempunyai simbol identitas dan representasi di Kapuas. Statregi penantang, melihat petanana. Petahana masih memilih daftar menu wakil. Sedangkan penantang cek ombak untuk bongkar pasang pasangan,” imbuh Farid. yml

Pos terkait