Heboh Aksi Heroik Nakes di Kotim

  • Whatsapp
Heboh Aksi Heroik Nakes di Kotim
Perjuangan warga yang diperkirakan nakes di Tanjung Jorong Kecamatan Tualan Hulu ketika menyeberangi air banjir.

SAMPIT/tabengan.com – Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dihebohkan dengan aksi heroik para warga yang diperkirakan berprofesi sebagai tenaga kesehatan (nakes) dalam memberikan pelayanan.

Pasalnya, dalam rekaman video yang diperkirakan terjadi di Desa Tanjung Jorong Kecamatan Tualan Hulu, beberapa anggota nakes tersebut tampak menyeberangi air banjir yang cukup dalam mencapai leher orang dewasa.

Pria dalam video itu terlihat menjinjing coolbox berwarna biru yang diduga berisi vaksin imunisasi agar tidak terkena air banjir.

Dalam video itu pula tampak nakes perempuan harus rela menyeberangi air banjir dengan menceburkan diri dibantu dengan menggunakan pelampung yang terbuat dari ban dalam. Meski menyeramkan, namun para nakes itu semua terlihat enjoy. Tidak ada rasa takut dan tetap berupaya memberikan pelayanan untuk masyarakat.

Melihat beredarnya video itu sejumlah warga pun memberikan komentar. Seperti yang diungkapkan Hana (30). Menurutnya, para nakes sudah bekerja secara profesional meski harus dihadang dengan kondisi seperti itu.

“Saya salut dengan semangat yang mereka tunjukkan. Meski kondisinya seperti itu mereka tetap memberikan pelayanan,” kata Hana, salah satu warga Sampit.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kotim dr Faisal Novendra Cahyanto mengaku belum mengetahui apakah dalam video tersebut nakes Puskesmas atau bukan. Dia akan mengecek kembali kebenaran dari video tersebut. Hanya, ia menyampaikan bahwa layanan imunisasi dasar dan pelayanan kesehatan tetap dilaksanakan meski di tengah pandemi Covid-19.

“Sebenarnya untuk situasi banjir di daerah hulu itu biasanya musiman. Kita sudah ada standar dalam melaksanakan pelayanan kesehatan, apalagi Puskesmas yang sudah ada pedoman akreditasi,” terangnya. c-may

Pos terkait