Seni Budaya, Hiburan Rakyat untuk Meningkatkan Imun Tubuh

  • Whatsapp
Seni Budaya, Hiburan Rakyat untuk Meningkatkan Imun Tubuh
Disbudpar Kalteng melalui UPT Taman Budaya rutin menggelar kegiatan Gelar Seni Budaya, sebagai bentuk hiburan dan dukungan terhadap pengembangan seni dan budaya di Kalteng. Penampilan seorang penari belum lama ini dalam kegiatan Gelar Seni Budaya yang dilaksanakan. tabengan/dedy
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Tidak bisa dipungkiri penyebaran virus Corona atau Covid-19 menimbulkan trauma yang luar biasa. Tidak saja trauma, mereka yang pernah terpapar mendapatkan stigma yang negatif dari banyak kalangan. Sebab itu, pencegahan perlu dilakukan salah satunya adalah dengan mengonsumsi berbagai vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kepala UPT Taman Budaya Suraji mengatakan, minum vitamin merupakan hal yang penting. Tapi, ada hal lain yang juga tidak kalah penting adalah menghilangkan stres akibat ketakutan atas penyebaran Covid-19. Stres akan membuat imun tubuh menjadi turun sehingga rentan untuk diserang berbagai virus, termasuk virus Covid-19.

Dari itulah, kata Suraji, upaya yang dapat dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng melalui UPT Taman Budaya adalah memberikan hiburan, sebagai bentuk dukungan pencegahan. Mengapa hiburan menjadi salah satu bentuk dukungan pencegahan, karena membantu membuang stres yang ada, sehingga imun tubuh terus meningkat, dan mampu menangkal berbagai virus yang ada.

“Hiburan menjadi penting, karena itulah UPT Taman Budaya melaksanakan Gelar Seni Budaya bagi masyarakat, dengan menghadirkan berbagai sanggar seni. Hiburan yang disajikan diharapkan mampu melepaskan stres akibat penyebaran pandemi Covid-19 ini, sehingga membuat diri lebih nyaman, dan meningkatkan imun tubuh sebab sudah tidak stres lagi,” kata Suraji, terkait pelaksanaan Gelar Seni Budaya, Jumat (24/7) di Palangka Raya.

Dia katakan, hiburan dalam agenda Gelar Seni Budaya tidak semata sebuah pertunjukan semata. Pesan kesehatan juga terus disampaikan kepada semua yang hadir. Semua yang hadir wajib menggunakan masker, mencuci tangan, pengukuran suhu tubuh, dan juga menjaga jarak (physical distancing) pada saat tampil maupun menonton. Kegiatan yang dilaksanakan ini juga mendapatkan pengawasan dari pihak kepolisian.

Artinya, lanjut Suraji, penonton tidak saja menikmati sebuah pertunjukan seni untuk menghibur diri dan melepaskan diri dari stres, sehingga imun tubuh meningkat, tapi juga tetap berpedoman pada protokol kesehatan. Namun, kondisi yang masih dalam suasan pandemi ini maka kegiatan Gelar Seni Budaya dilaksanakan secara terbatas terlebih dahulu.

Semua tempat duduk, ungkap Suraji, sudah diberikan tanda, dan wajib untuk taati. Ada jarak antara penonton yang satu dengan yang lainnya. Perlu kesadaran dan kedisiplinan bersama dalam mengatasi penyebaran virus Covid-19 ini lebih luas. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng melalui UPT Taman Budaya, mendukung penuh pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Kalteng dengan menerapkan protokol kesehatan.ded

iklan atas

Pos terkait

iklan atas