Masuk Parit, Buaya Muara Ditangkap Warga

  • Whatsapp
Masuk Parit, Buaya Muara Ditangkap Warga
Petugas BKSDA Pos Sampit saat mengevakuasi buaya muara yang ditangkap warga di Polsek Jaya Karya, belum lama ini. ISTIMEWA
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com – Warga Desa Handil Sohor Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur menangkap seekor buaya muara berjenis kelamin betina dengan panjang 2,1 meter, saat masuk parit di samping rumah warga ketika air sedang pasang, Sabtu (19/7/2020) lalu. Buaya muara tersebut kemudian diserahkan ke BKSDA Pos Sampit.

Komandan BKSDA Pos Sampit Muriansyah mengungkapkan, awalnya pihaknya mendapat kabar melalui telepon seluler dari Kades Handil Sohor, yaitu M.Yusuf, bahwa di Desa Handil Sohor ada warga yang menangkap buaya.

“Karena keterangan dari Kades dirasa belum lengkap, BKSDA Pos Sampit kemudian menghubungi Pak Heru, ketua BPD Handil Sohor. Dari keterangan Pak Heru, saat kondisi air sedang pasang yaitu sore hari, buaya memasuki parit kecil lebar 1 meter, di samping rumah warga,” terang Muriansyah, Jumat (24/7/2020).

Buaya tersebut kemudian ditangkap dan diikat beramai-ramai oleh warga.

“Karena situasi dan kondisi lokasi diikatnya buaya kurang aman, takut terlepas atau dibunuh warga karena berada di tengah pemukiman, Pak Heru berinisiatif menghubungi pihak Polsek. Diputuskan, malam hari itu juga buaya dipindahkan ke Polsek Jaya Karya,” jelasnya.

Disampaikan Muriansyah, setelah mendapat penjelasan dari Pak Heru, pihaknya kemudian menghubungi pimpinan di Pangkalan Bun, dan diarahkan untuk mengambil buaya tersebut. “Pos Sampit kemudian menghubungi pihak Polsek dan buaya dijemput, Minggu tanggal 19 Juli 2020 sekitar pukul 09.00 WIB, dibantu seorang anggota Manggala Agni. Buaya berhasil dipindahkan ke BKSDA Pos Sampit,” lanjutnya.

Dari BKSDA Pos Sampit, selanjutnya buaya muara tersebut dibawa ke kantor BKSDA SKW II Pangkalan Bun, dan langsung dilepasliarkan di kawasan Suaka Margasatwa Lamandau. c-arb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas