Dua Jam, 2 Lokasi di Palangka Raya Kebakaran

  • Whatsapp
Dua Jam, 2 Lokasi di Palangka Raya Kebakaran
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Warga Kota Palangka Raya dikejutkan dengan meraung-raungnya bunyi sirine mobil-mobil pemadam kebakaran membelah kota melaju ke arah Jalan A Yani, Kamis (23/7) sekitar pukul 20.30 WIB. Dari kejauhan sudah terlihat awan merah membara disertai asap membubung tinggi di belakang kantor Grapari Telkom. Masyarakat sekitar komplek Plamboyan Bawah terlihat hilir mudik panik berusaha menyelamatkan keluarga dan harta bendanya.

Petugas Damkar swakarsa dan pemerintah terlihat berusaha melakukan lokalisir lokasi kebakaran dengan melakukan penyemprotan di sekitar rumah yang terbakar. Hal itu dilakukan untuk menghambat merembetnya kobaran api ke rumah warga lain, sementara petugas lainnya berusaha memadamkan di titik api yang sedang berkobar. Sementara itu pihak kepolisian dan TNI tampak berusaha melakukan pengamanan di sekitar tempat kejadian, dengan membantu masyarakat yang terkena musibah.

Usaha petugas membuahkan hasil, sekitar 45 menit kemudian kobaran api berhasil dipadamkan secara keseluruhan. Api menghanguskan 9 rumah semi permanen. Konstruksi bangunan yang rata-rata terbuat dari kayu membuat api leluasa melahap rumah-rumah di sekitarnya. Banyaknya rumah yang terbakar dan asap yang ditimbulkan sempat membuat salah satu anggota BPK swakarsa pingsan. Korban segera dievakuasi ke rumah sakit oleh ambulance setempat.

Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri melalui Kabag Ops Kompol Hemat Siburian, mengatakan pemadaman api dilakukan oleh AWC Polda Kalteng, Damkar Kota Palangka Raya dan BPK swakarsa.

“Saat ini masih dalam proses pendinginan. Api berhasil dijinakkan setelah 30 menit,” ucapnya.

Dijelaskan, dari hasil pemeriksaan sementara api diduga berasal dari rumah nomor lima lalu merembet ke rumah lainnya. Pendalaman masih dilakukan melalui olah TKP dan pemeriksaan saksi-saksi.

“Saksi sekitar tujuh orang kita mintai keterangan. Untuk tindaklanjut kita lakulan olah TKP oleh tim inafis,” ungkap Hemat.

Sementara itu sekitar 30 menit setelah kobaran api di komplek Plamboyan berhasil dipadamkan, peristiwa kebakaran terjadi Jalan Tjilik Riwut Km 7 komplek Perumaham Bumi Palangka jalan Pinguin 12 Palangka Raya. Satu rumah milik warga terbakar.dor/fwa

iklan atas

Pos terkait

iklan atas